4 Resep Cara Membuat Selai Nanas Legit Sederhana Tahan Lama

4 Resep Cara Membuat Selai Nanas Legit Sederhana Tahan Lama

4 Aneka Cara Membuat Selai Nanas Yang Legit dan Pas Manisnya Sederhana Bisa Untuk Nastar, Roti Tawar atau Kue Lainnya. Dilengkapi Juga Tips Membuat Resep Selai Nanas Supaya Tidak Lengket Dan Tahan Lama. Serta Bisa Ditambah Pepaya Muda Supaya Pineappale Jam Ini Lebih Ekonomis.

Selain selai coklat, selai srikaya ataupun selai strawbery, buah yang sering dipakai untuk isian kue kering lebaran, roti goreng, martabak manis atau kue basah lainnya biasanya adalah buah nanas. Perpaduan rasa manis dan asam segar yang legit khas dari buah nanas Indonesia ini memang pas sekali untuk dibuat selai. Apalagi hampir di semua daerah di negara kita buah unik ini dengan gampang dijumpai dan harganya pun cukup murah. Yang paling penting, cara membuat selai nanas yang legit dan lezat serta tahan lama sangat mudah sekali lho.

Daftar Isi Resep Aneka Cara membuat Selai Nanas Rumahan

Cara paling praktis untuk menghancurkan buah nanas yang sudah dikupas dan dihilangkan matanya memang dengan di blender. Tetapi sebenarnya cara membuat selai nanas dengan di blender ini tidak dianjurkan lho. Resep selai nanas yang akan kita buat nanti akan mengeluarkan terlalu banyak air dan terlalu lembek kalau sudah jadi. Solusinya buah tadi sebaiknya di parut saja bersama dengan bonggol tengahnya sekalian. Selalu gunakan parutan yang biasa untuk keju dan pastikan cukup tajam sehingga nanti tidak terlalu berserat hasilnya.

Loading...

Penyebab Selai Nanas Pahit

Mungkin kita pernah mencicipi atau merasakan selain nastar rumahan rasanya ada sedikt citarasa pahit. Atau mungkin saat kita membuat selai untuk isian nastar ternyata setelah jadi ada citarasa pahit yang terasa di resep selai nanas yang kita buat tadi. Sebenarnya rasa pahit ini bukan disebabkan cara membuat selai nanas yang salah. Hal ini memang kareteristik buah nanas itu sendiri. Nah untuk mengatasinya, selai yang kita buat harus ditambahkan garam dapur secukupnya. Garam ini nanti akan menghilangkan rasa pahit khas buah nanas tersebut.

Tips Cara Membuat Selai Nanas Tahan Lama dan Legit

Selai nanas siap pakai atau pineapple jam yang banyak dijual memang biasanya tahan lama. Tetapi kalau kita ingin buat resep selai nanas rumahan sendiri sebenarnya bisa disimpan juga lho. Apalagi kalau disimpan di lemari pendingin atau kulkas, resep selai nanas yang kita buat bisa bertahan lebih lama dan bisa untuk stok.

Kalau teman teman berencana untuk membuatnya sendiri, sebaiknya pastikan selai nanas yang kita buat tadi benar benar kering atau sedikit mengandung air. Sebaiknya menggunakan nanas palembang karena jenis ini biasanya tidak terlalu banyak mengandung air sehingga mempercepat proses pembuatannya.

Selain itu selalu gunakan buah nanas segar yang sudah masak, tetapi jangan sampai agak busuk ya. Buah yang terlalu matang dan cenderung agak busuk akan membuat selai yang kita buat nanti juga tidak tahan lama. Sedangkan buah yang kurang matang nanti akan berpengaruh juga ke legit dan lezatnya selai yang kita buat.

Untuk membuat selai nanas yang legit rasanya selain garam kita juga harus menambahkan gula. Garam dan gula tersebut jangan dicampur di awal proses pembuatannya. cara membuat selai nanas yang benar sebaiknya parutan nanas tersebut di masak terlebih dahulu sampai air nya menyusut baru ditambahkan gula dan garamnya. Jangan lupa harus sering sering diaduk ya supaya nanti bagian bawah selai nya tidak gosong dan menghitam.

Kalau di tambah di awal, gula akan membentuk karamel dan membuat selai yang kita buat nanti akan cepat gosong dan menghitam. Selain itu buah yang dipakai harus benar benar dicuci bersih dan mata nanasnya harus benar benar dibuang. Mata inilah yang seringkali menimbulkan rasa agak gatal saat dikonsumsi nantinya.

1. Resep Cara Membuat Selai Nanas Sederhana

resep selai nanas sederhanaselai nanas sederhana praktis

Masyarakat kita pada umumnya memang agak malas kalau disuruh untuk membuat selai sendiri. Mereka lebih senang untuk membeli jadi, padahal harganya rata rata tidak bisa dibilang murah. Padahal kalau sudah tahu sebenarnya cara membuat selai nanas sederhana itu sangat mudah lho. Tinggal mencampurkan buah nanas yang sudah masak dengan gula pasir sesuai selera dan juga sedikit garam. Rata rata memang beralasan tidak punya waktu untuk membuatnya sendiri di rumah. Nah buat yang kebetulan sudah senggang, simak bahan dan cara membuat selai nanas sederhana dibawah ini.

Bahan-bahan :

  • Bahan utama tentu saja nanas segar yang sudah masak kurang lebih 6 buah ukuran sedang atau sekitar 4 pcs kalau memang besar.
  • Sejumput garam dapur sesuai selera.
  • Gula pasir kuning sesuai selera dan tingkat kemanisan nanas yang dibuat atau kurang lebih 1/4 kg saja.

Cara membuat selai nanas sederhana

  1. Pertama tentu saja kupas buah nanasnya sampai bersih termasuk mata nanasnya harus dibuang dan bersih.
  2. Parut nanas menggunakan parutan keju yang tajam supaya mudah dan tidak terlalu berat.
  3. Tuang parutan nanas tadi kedalam wajan anti lengket kemudian masak dengan api sedang sampai airnya benar benar menyusut.
  4. Setelah itu masukkan gula pasir dan sejumput garam kemudian aduk aduk kembali dengan api yang agak kecil.
  5. Setelah benar benar tercampur dan menyusut, bisa dicek apakah kurang manis atau tidak

2. Resep Cara Membuat Selai Nanas Legit

Selai nanas yang mantap rasanya dihasilan dari perpaduan rasa manis dan sedikit asam khas buah nanas. Untuk menambah aroma dan supaya lebih legit, biasanya ditambahkan kayu manis dan sedikit cengkeh saat proses pembuatannya. Nah buat yang berencana ingin membuat selai homemade yang sehat dan legit, silahkan simak dibawah. Bahan dan cara membuat resep selai nanas yang legit bisa dilihat dibawah ini.

resep selai nanas legitselai nanas legit spesial

Bahan Selai :

  • Nanas segar yang sudah benar benara matang dan sudah dikupas bersih kurang lebih sebanyak 1000 gram.
  • Kayu manis kurang lebih sepanjang 4 cm saja.
  • Garam sedikit saja sesuai selera atau kurang lebih sebanyak sejumput saja.
  • Gula pasir sesuai selera kemanisan atau kurang lebih sebanyak 200 gram sampai 250 gram saja.
  • Cengkeh kalau ada kurang lebih sebanyak 5 pcs.

Cara membuat selai nanas legit

  1. Pertama parut nanas yang sudah dicuci bersih sampai habis dengan parutan keju atau parutan biasa kalau mau teksturnya halus.
  2. Siapkan wajan yang tebal lapisannya dan agak besar.
  3. Masukkan parutan nanas tadi kemudian aduk aduk sampai mengental.
  4. Setelah parutan nanas tadi mengental, masukkan gula pasir bersama dengan sisa bahan.
  5. Aduk aduk kembali dan masak sampai matang, kental dna berubah warna menjadi kuning agak kecoklatan.
  6. Biarkan sebentar lalu angkat dan siap untuk dibulat bulatkan untuk isian roti goreng ataupun nastar dan buat olesan roti tawar.

3. Resep Cara Membuat Selai Nanas Campur Pepaya

Buat yang mungkin tidak terlalu suka rasa nanas yang berlebihan, resep selia nanas pepaya ini wajib dicooba. Selain rasanya juga lebih unik dan tidak terlalu asam, selai nanas campur pepaya ini juga ekonomis dan irit sekali lho. Pas sekali untuk teman teman yang ingin berhemat atau akan membuat kue nastar atau lainnya dengan harga terjangkau. Pepaya yang digunakan jangan terlalu matang. Biasanya disebut mengkel atau setengah matang ya supaya tidak terlalu lembek dan berair nantinya.

resep selai nanas pepayaselai nanas pepaya sederhana

Bahan-bahan :

  • Bahan utama adalah nanas matang ukuran sedang yang sudah dikupas bersih dan dihilangkan matanya kurang lebih sebanyak 2 buah.
  • Kayu manis secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 2 sampai 3 pcs.
  • Cengkeh sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 3 pcs.
  • Gula pasir sesuai selera manis yang diinginkan atau kurang lebih sebanyak 1/4 kg.
  • Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil.

Cara membuat selai nanas pepaya

  • Pertama potong nanas secara vertikal supaya mudah diparut menjadi 3 sampai 4 bagian.
  • Parut nanas menggunakan parutan yang biasanya untuk keju semua bagian termasuk bagian tengahnya.
  • Parut juga pepaya mudanya sampai habis.
  • Siapkan panci anti lengket atau wajan anti lengket ukuran besar kemudian masukkan parutan pepaya dan nanasnya.
  • Masukkan garam dapur bersama dengan cengkeh dan kayu manisnya kemudian aduk aduk sampai semua bahan tercampur rata, berubah warnanya dan menyusut.
  • Kecilkan apinya kemudian tuang gula pasirnya kemudian aduk aduk kembali jangan sampai berhenti supaya tidak gosong.
  • Setelah tercampur rata dan airnya sudah benar benar menyusut matikan apinya dan angkat.
  • Tunggu sampai dingin dan selai bisa disimpan di lemari pendingin atau untuk isian kue kering.

4. Resep Cara Membuat Selai Nanas Untuk Roti Tawar

Selai nanas untuk isian roti goreng, bolu gulung ataupun roti tawar tentu berbeda. Terutama untuk olesan roti tawar tentu kita tidak bisa menggunakan selai nanas legit yang biasanya untuk isian nastar. Tekstur untuk olesan butuh selai yang cenderung agak lembut dan tidak kental seperti isian nastar atau kue kering lainnya. Nah untuk itu cara membuat selai nanas untuk roti tawar sebenarnya bisa menggunakan resep selai nanas diatas. Cuma bedanya masaknya jangan terlalu lama, cukup seperlunya saja supaya tidak terlalu kental dan bisa dengan mudah dioleskan keatas permukaan roti tawar yang lembut.

Selesai sudah beberapa cara membuat selai nanas yang legit, enak serta tahan lama diatas. Dari masing masing resep selai nanas diatas, masing masing memang mempunyai ciri khas tersendiri, jadi tidak ada salahnya untuk dicoba semua. Selain untuk isian resep kue nastar, selai home made rumahan tadi bisa juga untuk isian resep bolu gulung panggang, resep pie susu, resep roti goreng, resep martabak mini ataupun aneka resep kue basah dan resep kue kering lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda