2 Resep Nastar Coklat Spesial Lembut Lumer Di mulut

2 Resep Nastar Coklat Spesial Lembut Lumer Di mulut

2 Aneka Resep Nastar Coklat Spesial Yang Lembut Lumer Di Mulut Untuk Sajian Kue Kering Spesial Lebaran Lengkap Dengan Cara Membuat Selai Coklatnya. Dilengkapi Bahan Dan Cara Membuat Adonan Resep Kue Nastar Coklat Yang Renyah Lembut dan Lumer Di Mulut Bikin Ketagihan Serta Tips Supaya Kuenya Tahan Lama Disimpan.

Kue nastar merupakan salah satu kue kering lebaran yang menjadi andalan buat sebagian besar ibu rumah tangga di Indonesia. Rasanya memang kurang lengkap kalau tidak ada sajian resep kue nastar ini di meja hidangan di rumah. Biasanya kan kita hanya membuat yang versi isi nanas saja bukan. Kadangkala biasnaya juga ditambah dengan keju cheddar atau keju edam supaya lebih nendang dan enak rasanya. Kali ini kita akan membuat yang versi berbeda, yaitu resep nastar coklat. Bahan dan cara membuat nastar coklat ini sebenarnya tidak berbeda dengan versi original. Bedanya hanya terletak pada isian nya yang tidak memakai nanas tetapi isi coklat.

Daftar Isi Aneka Resep Nastar Coklat Lembut Spesial

Resep nastar yang mantap dan banyak dicari dan disukai oleh masyarakat negara kita adalah yang lembut dan lumer di mulut bukan. Walaupun beberapa orang memang tidak terlalu suka kue kering lebaran spesial ini yang terlalu lembut. Tetapi kali ini kita akan coba membuat adonan resep nastar coklat yang lembut dan lumer di mulut. Buat yang ingin tampil beda, tentu yang versi coklat ini bisa dicoba di rumah. Apalagi kalau punya anak kecil, tentu resep kue nastar coklat ini lebih diminati oleh anak kita ataupun keluarga di rumah.

Loading...

Tips Cara Membuat Kue Nastar Supaya Tahan Lama

Kalau benar cara membuat nastar coklat ini bisa bertahan cukup lama lho. Teman teman bisa membuat 1 atau 2 resep nastar coklat lalu di simpan untuk stok cemilan di rumah. Syaratnya, kalau menggunakan selai nanas, sebaiknya yang buatan sediri ya. Memang selai di toko tahan lama, tetapi kalau digunakan untuk kue kering lebaran ini akan membuat kue nya nanti berjamur. Saat memanggang kue nastarnya, sebaiknya juga menggunakan api kecil sehingga benar benar matang sampai di dalamnya.

Selai rumahan yang kita buat nanti (resepnya bisa dilihat di aneka cara membuat selai nanas) juga jangan terlalu basah dan usahan agak kering. Selain itu pastikan kue harus sudah benar benar dingin sebelum dimasukkan kedalam toples untuk disimpan supaya lebih awet. Selain itu tepung terigu yang digunakan juga bisa disangrai supaya lebih renyah dan tahan lama.

Aneka Resep Kue Nastar Coklat

Resep nastar coklat ini sebenarnya memang tidak terlalu berbeda jauh dengan yang resep kue nastar (link) versi klasik lumer di mulut. Tetapi pada dasarnya sebenarnya terbagi menjadi 2, yaitu yang versi adonan biasa dengan isi coklat yang lezat. Untuk yang versi ini sebenarnya kita bisa menggunakan adonan resep kue nastar yang biasanya. Bedanya nanti selai nanasnya kita ganti dengan filling coklat lezat sehingga menambah selera makan.

Satu lagi adalah resep black nastar atau coklat hitam dengan adonan kue yang hitam. Jadi bisa dipilih tergantung selera, mau coba cara membuat nastar coklat versi isi coklat atau adonan coklat dengan selai nanas biasa. Untuk yang black nastar, kuncinya adalah gunakan coklat bubuk kualitas bagus yang benar benar hitam supaya cantik warnanya. Untuk hiasan topping resep nastar coklat ini, teman teman bisa menggunakan adonan biasa kemudian dicetak dengan bentuk bunga atau bisa juga menggunakan coklat putih atau taburan keju sesuai selera.

Resep Isian Selai Coklat Nastar

Selain selai nanas homemade, nastar yang lembut dan lumer di mulut bisa juga diberi isian coklat yang lezat. Buat sebagian orang mungkin sedikit aneh ya, tetapi kalau sudah merasakan pasti akan ketagihan dengan resep nastar coklat spesial kue kering lebaran ini. Selain untuk nastar, temam teman bisa juga menggunakannya untuk membuat resep roti goreng atau resep martabak manis (link) cuma dibuat sedikit lebih lembek. Buat yang ingin mencobanya, resep dan cara membuat filling coklat buat nastar bisa dilihat di bawah ya.

Bahan-bahan :

  • Coklat batangan kualitas bagus atau dark cooking coklat yang sudah diserut atau dicincang kurang lebih sebanyak 75 gram.
  • Tepung terigu kurang lebih sebanyak 100 gram.
  • Margarain atau butter kualitas bagus kurang lebih sebanyak 35 gram saja.
  • Coklat bubuk kualitas bagus kurang lebih sebanyak 20 gram.
  • Gula pasir sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 90 gram.
  • Susu cair atau bisa juga air bersih secukupnya atau kurang lebih sebanyak 35 gram.

Cara membuat filling selai coklat :

  1. Pertama ambil wadah kemudian masukkan tepung terigu dan coklat bubuknya lalu aduk sampai rata dan sisihkan.
  2. Siapkan panci kemudian masukkan air atau susu cair bersama dengan butter dan gula pasirnya kemudian aduk aduk sampai tercampur dan larut semua bahan tadi.
  3. Masukkan coklat batangannya kemudian aduk aduk sampai coklatnya larut dan tercampur rata lalu matikan apinya.
  4. Segera masukkan campuran tepung dan bubuk coklat kemudian sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai rata.
  5. Nyalakan kembali dengan api kecil saja kemudian aduk aduk sampai memebntuk larutan kental atau seperti pasta.
  6. Dinginkan kemudian ambil secukupnya kemudian bentuk bulatan untuk isian nastar coklatnya.

Resep Nastar Coklat Spesial

Nastar yang enak diberi isi selai coklat homemade pasti akan membuat ketagihan. Adonan nastar yang pulen diberi isi filling coklat pasti akan lebih disukai anak anak dibandingkan dengan yang isi nanas. Kalau mau lebih spesial, setelah selai membuat resep nastar coklat ini bisa dicelupkan lagi kedalam DCC cair sehingga rasanya lebih nyoklat. Berani coba? Simak bahan dan cara membuat nastar coklat spesial ini dibawah ya.

resep nastar coklatnastar coklat spesial

Bahan Adonan Nastar

  • Tepung terigu kualitas bagus kurang lebih sebanyak 700 grama saja.
  • Susu bubuk full cream merek sesuai selera kurang lebih sebanyak 4 sendok makan saja.
  • Gula halus sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 100 gram.
  • Butter kualitas bagus kurang lebih sebanyak 200 gram saja.
  • Margarin kualitas bagus kurang lebih sebanyak 300 gram saja.
  • Telur ayam ukuran sedang besar diambil bagian kuningnya saja kurang lebih sebanyak 4 pcs.

Bahan Untuk Olesan Nastar Coklat

  • Susu cair kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil.
  • Telur ayam ukuran sedang diambil kuning telurnya saja kemudian kocok lepas dengan susu cair diatas.

Cara membuat nastar isi coklat

  1. Pertama ambil wadah kemudian masukkan susu bubuk dan tepung terigu lalu aduk sampai rata lalu saring dan ayak dan sisihkan.
  2. Ambil wadah kemudian masukkan gula halus bersama dengan mentega, butter dan telur ayamnya kemudian kocok menggunakan mixer kecepatan rendah sampai kelihatan tercampur rata (jangan terlalu lama ya).
  3. Tuang campuran susu plus tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk aduk menggunakan sendok kayu atau spatula sampai benar benar tercampur rata.
  4. Ambil adonan nastar diatas secukupnya kemudian bentuk seperti bola lalu pipihkan. Kalau masih susah untuk dibentuk, teman teman bisa menambahkan sedikit saja margarin.
  5. Ambil filling atau isian coklatnya kemudian letakkan di tengah dan rapatkan serta bentuk bulatan kembali dengan rapi sampai habis.
  6. Letakkan di loyang dengan rapi dengan jarak yang cukup kemudian masukkan kedalam oven panas dengan suhu kurang lebih 130 derajat sampai 140 derajat.
  7. Panggang sampai kurang lebih setengah jam kemudian keluarkan dan beri olesan campuran telur dan susu cairnya.
  8. Panggang kembali hingga berubah warna dan matang.
  9. Setelah matang keluarkan dan dinginkan nastar coklat nya di suhu ruangan sampai benar benar dingin baru disimpan di dalam toples.

Resep Black Nastar

Selain nastar dengan isi coklat, kita juga bisa membuat resep black nastar ini. Tampilannya yang bulat dan hitam memang kelihatan unik sekali dan pasti akan menimbulkan rasa penasaran bukan. Apalagi buat tamu yang belum pernah mencobanya, pasti akan ketagihan melihat resep nastar coklat ini. Untuk isiannya bisa menggunakan selai nanas rumahan biasa yang bisa dilihat di resep cara membuat selai nanas. Atau kalau memang benar benar ingin full coklat, teman teman bisa bahan isian coklat di postingan atas.

resep black nastarblack nastar spesial

Bahan pertama :

  • Tepung terigu kurang lebih sebanyak 425 gram saja.
  • Tepung maizena kurang lebih sebanyak 30 gram.
  • Coklat bubuk kualitas bagus yang warnanya hitam pekat atau coklat bubuk buat black forest kurang lebih sebnayak 50 gram saja.
  • Susu bubuk kurang lebih sebanyak 25 gram saja.

Bahan Kedua :

  • Telur ayam ukuran sedang diambil kuningnya saja kurang lebih sebanyak 3 pcs.
  • Margarain kualitas bagus kurang lebih sebanyak 100 gram.
  • Telur ayam diambil putih nya saja kurang lebih 1 pcs.
  • Butter kualitas bagus kurang lebih sebanyak 200 gram.
  • Gula palm sesuai selera manisnya atau kurang lebih sebanyak 1/4 kg. Bisa dicampur dengan gula pasir asal berat akhirnya sama.
  • Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1/2 sendok kecil.

Bahan isian :

  • Selai nanas rumahan homemade secukupnya sesuai kebutuhan.

Cara membuat nastar coklat hitam :

  1. Pertama ambil wadah kemudian masukkan terigu, maizena, coklat bubuk dan susu bubuk lalu aduk aduk dan ayak lalu sisihkan.
  2. Ambil wadah kemudian masukkan kuning telur, putih telur, gula, butter, margarin dan garam kemudian kocok menggunakan mixer dengan kecepatan rendah sampai tercampur rata.
  3. Masukkan sedikit demi sedikit campuran tepung kedalamnya sambil diaduk menggunakan spatula atau sendok kayu besar sampai benar benar tercampur rata dan bisa dibentuk.
  4. Ambil adonan secukupnya atau kurang lebih 1 sendok kecil kemudian pipihkan dan tengahnya diberi selai nanas lalu rapikan kembali.
  5. Bagian atasnya bisa diberi hiasan adonan nastar biasa yang dibentuk bunga supaya lebih cantik. Ulangi sampai adonan black nastarnya habis.
  6. Tata dengan rapi diatas loyang dan jangan terlalu berdekatan ya.
  7. Masukkan ke dalam oven panas dengan suhu kurang lebih sebesar 150 derajat celcius dan panggang sampai matang. Waktu disesuaikan dengan oven masing masing atau kurang lebih 25 menit sampai 40 menit.
  8. Setelah matang dinginkan di suhu ruangan baru simpan di dalam toples kaca kedap udara.

Walaupun memang resep nastar coklat ini kalah populer dibandingkan yang versi klasik, tetapi tidak ada salahnya bukan untuk mencobanya di rumah. Apalagi kalau hasilnya mantap bisa untuk jualan dan menambah uang belanja di rumah bukan. Selain resep nastar, teman teman bisa mencoba aneka kue kering lebaran lainnya seperti resep putri salju (link), resep kastengel atau aneka resep kue basah tradisional ataupun modern.

0 komentar:

Posting Komentar

Previous PostPosting Lama Beranda