27 Menu Takjil Buka Puasa Spesial Enak Murah Meriah Sederhana

27 Menu Takjil Buka Puasa Spesial Enak Murah Meriah Sederhana

Aneka Resep Menu Takjil Buka Puasa Spesial Yang Enak Murah Meriah Yang Wajib Dicoba Untuk Menu Ramadhan Bersama Keluarga Di Rumah. Termasuk Menu Buka Puasa dan Takjil Dengan Es Kelapa, Sop Buah, Kolak, Es Buah Dan Lainnya. Dilengkapi Jajanan Sederhana Makanan Untuk Buka Puasa Dengan Aneka Puding, Tempe Mendoan, Martabak Manis, Martabak Telur, Pisang Molen dan lainnya.

Takjil buat sebagian orang pasti merupakan hal yang ditunggu dan dinanti saat bulan Ramadhan tiba. Biasanya sebagian besar muslim di negara kita akan berbondong bondong pergi keluar untuk mencari menu takjil buka puasa. Memang hal ini sudah menjadi satu kebiasaan buat masyarakat kita untuk membeli minuman atau makanan buka puasa yang murah merah enak dan lezat. Biasanya perilaku atau kebiasaan keluar membeli makanan dan menghabiskan waktu sebelum berbuka ini disebut juga ngabuburit oleh sebagian masyarakat kita.

Daftar Isi Menu takjil Buka Puasa

Menu takjil buka puasa dan ngabuburit memang tidak bisa dilepaskan saat bulan puasa Ramadhan tiba. Malah buat kebanyakan dari kita, kegiatan ini lah yang ditunggu tunggu karena memang adanya hanya saat bulan Ramadhan. Keramaian orang yang mencari dan membeli es doger, bubur sumsum, kolak, gorengan atau aneka minuman atau makanan untuk buka puasa lainnya memang menjadi ciri khas tersendiri di negara kita. Tetapi apakah teman teman tahu apa sebenarnya arti takjil puasa tersebut?

Loading...

Arti Takjil Ramadhan

Takjil atau tajil banyak yang mengartikan adalah minuman dan makanan untuk berbuka puasa umat muslim. Memang hampir sebagian besar masyarakat Indonesia pasti bilang seperti ini. Tetapi banyak yang belum tahu bahwa arti takjil sebenarnya adalah bersegera. Dalah hal ini adalah anjuran untuk segera membatalkan puasa dengan makan dan minum karena ini sesuai dengan sunah Nabi Muhammad SAW. Nah makanan dan minuman pembatal dan pembuka atau menu takjil buka puasa ini lah yang saat ini sering dimengerti oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Padahal sebenarnya hidangan menu buka puasa sebenarnya dinamakan IFTHOR atau ifthar.

resep menu takjil buka puasamenu takjil buka puasa sederhana

Resep Takjil Murah Meriah

Pada awal Ramadhan biasanya memang sebagian besar orang masih bersemangat untuk ngabuburit dan membeli kue, jajanan atau makanan takjil untuk berbuka puasa di penjual pinggir jalan. Rata rata dan kebanyakan mereka membeli aneka kue, bolu, sop buah, salad dan lainnya yang harganya tidak murah. Sebenarnya kita bisa membuat resep takjil murah meriah di rumah dengan teh hangat dan aneka bakwan, tempe goreng atapun 2 atau 3 biji kurma. Tentu menu takjil buka puasa ini jelas lebih hemat dan murah bukan. Teman teman juga bisa mencoba Resep Bakwan Sayur yang mudah, praktis dan simpel sekali cara membuatnya.

Menu Takjil Buka Puasa Minuman Segar

Kalau ditanya apa yang paling diinginkan orang berpuasa saat pertama kali berbuka? Pasti kebanyakan dan mungkin juga termasuk kita akan menagtakan es yang segar dan manis. Memang setelah seharian menahan haus dan kering di tenggorokan, yang paling enak adalah minum segelas es degan, es campur, es buah ataupun sop buah. Nah buat teman teman yang ingin membuatnya sendiri di rumah, aneka minuman buka puasa yang segar ada dibawah ini ya.

1. Menu Takjil Segar Es Kelapa Muda

Kalau ditanya minuman buka puasa yang paling segar dan mudah ditemukan pasti banyak yang menjawab minuman ini. Ya, menu takjil buka puasa dengan es kelapa muda atau degan memang paling segar dan mantap. Apalagi kalau menggunakan air kelapa asli yang segar dan bisa mengembalikan kesegaran tubuh kita. Tanpa harus membeli, kita bisa membuat takjil sendiri di rumah. Bahan dan aneka cara membuatnya bisa dilihat di aneka es kelapa muda segar dan sehat.

2. Resep Buka Puasa Segar Es Campur

Bicara mengenai resep buka puasa setelah seharian menahan haus dan lapar tentu saja yang paling sering muncul idenya adalah resep es. Salah satu yang selain menyegarkan dahaga dan mengembalikan kondisi tubuh adalah es campur. Dengan aneka isian buah segar, syrup dan tambahan jelly, agar agar atau lainnya memang sangat mengundang selera. Nah sekarang teman teman tidak perlu membeli es dengan aneka isian ini. Buat yang ingin mencobanya, bahan dan cara membuatnya bisa dilihat di resep es campur.

3. Menu Takjil Buka Puasa Segar Sop Buah

Selain es kelapa muda, minuman berat yang paling banyak dicari buat menu takjil buka puasa adalah es buah dan sop buah. Dibandingkan dengan es buah yang biasanya kuahnya hanya terasa manis syrup atau gula, sop buah jelas lebih nikmat. Perpaduan segarnya aneka buah segar seperti alpukat, kelapa, jelly, anggur dan kuah susu dan santannya memang segar sekali untuk berbuka. Buat yang ingin mencobanya di rumah, teman teman bisa melihatnya di link aneka cara membuat es buah spesial Ramadhan.

resep sop buah istimewaresep sop buah segar

4. Takjil Es Buah

Selain resep sop buah dan es kelapa muda diatas, es buah memang menjadi salah satu menu favorit untuk menu takjil buka puasa di bulan Ramadhan. Memang buat sebagian besar orang, mereka lebih senang dengan resep minuman yang berkuah gurih seperti es oyen ataupun sop buah. Tetapi kalau bicara masalah waktu dan praktis nya, jelas minuman segar ini lebih pas dicoba di rumah. Tanpa perlu waktu lama, hidangan spesial buat berbuka puasa yang segar bisa kita sediakan di rumah. Buah yang ingin mencobanya bisa melihat resepnya di 6 cara membuat es buah segar bikin nagih.

resep es buah spesiales buah spesial enak

5. Menu Takjil Buka Puasa Segar Aneka Jus

Segelas jus yang dingin seperti jus alpukat, jus buah naga atau jus jambu mungkin bisa menjadi pilihan buat takjil buka puasa nanti. Apalagi cara membuat takjil buka puasa dengan jus ini juga sangat mudah. Tinggal memasukkan bahan dan buah beserta syrup atau gula lalu diblender bersama es batu dingin. Setelah itu tinggar diberi beberapa tetesan susu kental manis putih atau coklat.

6. Menu Buka Puasa Salad Buah

Salad mungkin bukan termasuk minuman, tetapi buka puasa dengan salad buah ini rasanya juga menyegarkan lho. Apalagi setelah seharian tenggorokan kita kering pasti lezat sekali bukan menikmati semangkuk salad dengan isi aneka buah dan mayonise untuk dikonsumsi. Buat yang tertarik ingin mencobanya di rumah, teman teman bisa menemukan aneka resep nya di salad buah segar dan menyehatkan.

resep salad buah yoghurt segarresep salad buah yoghurt sehat

7. Resep Takjil Kolak Pisang

Pisang sebabagai buah segala musim memang pas sekali untuk diolah menjadi menu takjil buka puasa. Mulai dari kue, roti dan minuman sehat bisa kita dapatkan dengan olahan pisang ini. Salah satunya yang paling populer tentu saja adalah kolak. Kita bisa mengolahnya dengan campuran ubi, mutiara, labu dan bahkan tanpa santan. Yuk kita coba menu takjil buka puasa dengan aneka resep kolak pisang yang enak dan lezat.

Aneka Makanan Jajanan Untuk Menu Takjil Buka Puasa

Selain minuman segar, berbagai makanan kecil yang ringan bisa kita siapkan juga untuk menu takjil buka puasa saat Ramadhan nanti. Selain enak dan bisa mengembalikan energi tubuh, berbuka puasa memang dianjurkan untuk tidak langsung makan makanan yang berat seperti nasi dan pelengkapnya. Beberapa jajanan ringan seperti puding, agar agar, martabak, terang bulan ataupun kolak pas sekali disiapkan untuk makan selingan sebelum makan berat nantinya. Untuk pilihan ide dan cara membuat resep buka puasa nya bisa dilihat di bawah.

8. Takjil Dengan Puding Susu

Kalau dibandingkan dengan jelly, puding susu lebih nikmat dan lezat untuk menu buka puasa nanti. Kandungan serat yang bagus ditambah dengan susu jelas membuatnya menjadi hidangan pembatal puas yang nikmat. Apalagi kalau disajikan dalam kondisi dingin tentu aneka puding susu yang kita buah jauh lebih nikmat dan lezat. Buat yang ingin mencobanya, ada 6 variasi resep ini yang bisa dilihat di link Resep Puding.

Resep puding susu oreo lembutResep puding susu oreo sederhana

9. Menu Takjil Buka Puasa Puding Coklat

Zat yang terkandung di dalam coklat memang bisa membuat mood yang menikmatinya akan senang dan gembira. Nah buat yang suka dan penggemar coklat, takjil buka puasa dengan puding coklat tentu akan menarik sekali bukan. Bukan cuma anak anak, orang dewasa pun pasti menyukai teksturnya yang lembut, rasanya yang manis dan segarnya. Buat yang tertarik, ada 6 variasi dengan tambahan susu, santan dan lainnya yang bisa dikreasikan di Resep Puding Coklat.

10. Resep Puding Jagung

Coklat dan susu mungkin kombinasi yang paling terkenal dan banyak disukai orang untuk membuat puding. Nah kalau mau mencoba rasa baru, puding jagung ini juga mantap lho untuk sajian buat menu takjil buka puasa nanti. Aroma dan rasa jagung yang cenderung manis dan lezat memang pas bukan buat berbuka puasa bersama keluarga di rumah. Ada 5 variasi yang bisa kita coba di rumah untuk Ramadhan ini, silahkan cek di Resep Puding Jagung.

puding jagung lapis coklat lembutpuding jagung lapis coklat spesial

11. Resep Agar agar Santan

Dibandingkan dengan puding, cara membuat agar agar jauh lebih simpel, sederhana dan praktis bukan. Memang biasanya makanan kenyal ini hanya disajikan tanpa bahan tambahan. Paling cuma perasa yang membedakannya dengan rasa coklat, strawbery, jeruk, pisang, melon dan lainnya. Supaya menambah kenikmatannya saat berbuka puasa nanti, kita bisa menambahkan santan di campurannya lho. Bahan dan cara membuatnya bisa mencobanya di link cara membuat agar agar.

12. Resep Pastel Goreng

Kue gorengan dengan aneka isi yang bisa dimodifikasi ini sepertinya mantap juga bukan buat menu takjil buka puasa nanti. Teman teman bisa membuat isiannya dengan rogout, bihun dengan telur rebus atau abon sapi dan ayam. Tergantung selera saja serta disesuaikan dengan bahan isian pastel goreng yang siap di rumah. Bahan adonan kulit luarnya dan cara membuatnya bisa dilihat di cara membuat pastel.

Resep Pastel Goreng RenyahResep Pastel Goreng Renyah dan Enak

13. Takjil Buka Puasa Tempe Mendoan

Salah satu menu takjil buka puasa sederhana yang sangat populer dan digemari oleh sebagian besar masyarakat adalah tempe goreng. Selain buat lauk, tempe bisa kita olah juga lho menjadi takjil buka puasa yang murah meriah namun enak. Salah satunya untuk tempe mendoan. Untuk membuat tempe mendoan, yang paling penting selain tempenya adalah adonan celupan tepungnya. Bahan dan cara membuat adonannya ini bisa dilihat di Tempe Mendoan.

14. Buka Puasa Dengan Tahu Bulat

Dibandingkan dengan masakan dan makanan olahan tahu lainnya, jajanan gorengan yang terbuat dari bahan dasar kedelai ini mungkin yang paling akhir muncul. Tetapi walaupun begitu, gorengan murah meriah dan crispy ini sempat populer menjadi cemilan yang banyak dicari. Buat ramdhan kali ini, tidak ada salahnya bukan kita mencoba membuat tahu bulat yang kopong dan renyah ini di rumah untuk menu takjil buka puasa. Bahan dan tips membuatnya bisa dilihat di Tahu Bulat.

15. Takjil Yang Enak Dengan Tahu Brontak

Selain tahu bulat, tahu isi bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menu takjil buka puasa nanti. Dengan isian sayuran, tahu bisa dirubah menjadi cemilan gorengan yang enak untuk seluruh anggota keluarga. Apalagi cara membuat tahu brontak ini sangat mudah dan sederhana. Buat yang ingin mencobanya, silahkan melihat bahan dan tips cara membuatnya di link tahu brontak.

Resep tahu berontak crispyResep tahu berontak crispy isi ayam

16. Takjil Buka Puasa Dengan Lumpia Semarang

Lumpia goreng ataupun basah khas Semarang yang sudah melegenda ini bisa menjadi pilihan cemilan untuk menu takjil buka puasa nanti. Gorengan dengan aneka isi bihun, rebung ataupun ayam cincang memang enak sekali untuk disantap bersama seluruh keluarga. Salah satu kunci membuat lumpia sebenarnya terletak di cara membuat kulitnya. Buat yang bingung mau menyiapkan menu apa, lumpia goreng bisa menjadi pilihan saat buka nanti. Buat yang penasaran bisa melihatnya di cara membuat kulit lumpia dan lumpia semarang.

17. Takjil Kroket Kentang

Walaupun sebenarnya bukan merupakan menu cemilan asli negara kita, tetapi kroket saat ini sudah menjadi idola buat sebagian orang. Rasanya yang enak dan lezat memang pas sekali untuk disajikan setelah seharian berpuasa. Memang kita bisa mudah membeli jajanan kroket ini di penjual kue yang ada di sekitar rumah. Tetapi kalau punya waktu tentu kita bisa membuat menu cemilan resep buka puasa dari bahan kentang ini di rumah. Buat yang penasaran bisa mencobanya di postingan yang sudah pernah kita berikan di link Kroket Kentang.

18. Menu Buka Puasa Pisang Molen

Sebenarnya jajanan sederhana terbuat dari pisang ini sangat mudah sekali kita temukan di pinggir jalan. Memang banyak penjual pisang molen dengan harga murah dan terjangkau sekali. Tetapi kadangkala memang tidak selau enak dan seringkali kulitnya kurang terasa adonannya. Kalau enggak pisangnya yang kurang matang sehingga mengurangi kenikmatan berbuka puasa nanti. Untuk itu sebenarnya kita bisa dengan mudah membuat olahan pisang goreng ini di rumah. Silahkan melihat bahan apa saja untuk membuat kulit molen supaya renyah di resep pisang molen.

19. Buka Puasa Dengan Batagor

Perpaduan renyahnya batagor dengan kuah kacang spesial memang lezat sekali. Apalagi untuk menahan lapar sebelum makan besar setelah sholat tarawih, cemilan khas Bandung ini memang pas sekali. Buat yang domisilinya di daerah Bandung, Jakarta atau Jawa Barat memang dengan mudah membelinya. Tetapi di luar daerah itu memang agak susah mencari penjual makanan khas Bandung ini. Buat yang kebingunan mencari penjualnya, silahkan mencoba membuat sendiri dan melihat caranya di link resep batagor.

Membuat Resep Batagor Bandung AsliResep Batagor Bandung Asli Spesial

20. Takjil Buka Puasa Siomay

Selain batagor, menu buka puasa yang bisa disiapkan di rumah untuk keluarga adalah siomay. Sama sama menggunakan saus bumbu kacang tetapi makanan ini semuanya direbus sehingga lebih sehat. Teman teman bisa menambahkan tahu putih rebus dan kol rebus supaya lebih nikmat dan lezat untuk berbuka nanti. Buat tema teman yang ingin mencobanya bisa dilihat bahan adonannya di Cara Membuat Siomay.

Aneka Resep Kue Takjil Untuk Buka Puasa

Selain minuman buka puasa dan aneka jajanan ataupun gorengan diatas, kita juga bisa menyiapkan beberapa kue sederhana yang lezat untuk menu buka puasa keluarga. Seperti contoh misalnya kue lumpur, kue cubit, martabak, bolu kukus mekar dan masih banyak lainnya. Aneka kue tersebut pasti disukai oleh suami dan anak anak kalau disajikan pas saat buka puasa nanti. Kalau mau praktis, kita bisa membeli aneka kue takjil tadi sebelum waktunya tiba. Tetapi kalau ada waktu, siang hari kita bisa mencoba membuat aneka resep kue takjil tersebut di rumah.

21. Kue Takjil Kue Lumpur

Kue tradisional dengan tekstur lembut dan enak ii sepertinya memang pilihan yang tepat untuk menu takjil buka puasa nanti. Cara membuat takjil kue tradisional ini cukup praktis dan sederhaa sekali. Adonan kue lumpur juga tidak terlalu banyak membutuhkan bahan bahan yang sulit didapat. Supaya lebih lembut teksturnya, kita bisa menggunakan kentang sebagai bahan adonan utamnya. Buat yang tertarik, bahan dan cara membuat kue ini bisa dilihat di resep kue lumpur.

22. Jajanan Takjil Kue Lumpur Lapindo

Walaupun sama sama kue lumpur, tetapi yang satu ini sedikit berbeda degan kue yang diatas. Kue lumpur lapindo ini sebenarnya dinamakan demikian karena asalnya berasal dari daerah Sidoarjo yang terkena dampat bencana luapan lumpur. Sama seperti kue tradisional untuk buka puasa lainnya, cara membuatnya juga sangat simpel dan mudah kok. Buat yang ingin mencobanya, bahan dan adonannya bisa dilihat di link kue lumpur lapindo.

resep kue lumpur lapindo vlaresep kue lumpur lapindo vla pandan

23. Buka Puasa Dengan Kue Cubit

Jajanan kue sederhana yang murah meriah ini memang agak asing ya namanya. Tetapi walaupun begitu kue cubit ini sangat populer lho. Maka tidak ada salahnya bukan kalau kita menyiapkannya untuk menu takjil buka puasa buat Ramadhan kali ini. Apalagi buat yang tidak punya banyak waktu dan malas ribet, resep kue cubit bisa mejadi pilihan menu buka puasa nanti. Buat yang penasaran, bahan untuk membuat adonan dan cara membuatnya bisa menuju ke link Resep Kue Cubit.

24. Menu Takjil Martabak Mini

Salah satu menu takjil untuk berbuka puasa yang paling banyak disukai salah satunya adalah martabak mini. Sebelum makan berat, makan cemilan berupaya martabak mini telur ataupun manis pasti enak dan lezat. Apalagi setelah seharian berpuasa, beberapa potong tentu akan sangat lezat dan nikmat sekali bukan. Bahan dan cara membuat aneka variasi, baik yang manis ataupun telur bisa dilihat di resep martabak mini.

25. Takjil Buka Puasa Martabak Telur

Buat teman teman atau keluarga yang suka makan makanan gorengan yang gurih dan lezat, aneka martabak telur mungkin bisa menjadi pilihan buat takjil buka puasa nanti. Mau yang praktis bisa menggunakan kulit lumpia dengan isian telur kocok dan daun bawang juga sudah enak bukan. Kalau mau spesial bisa ditambahkan daging cincang dengan daun bawang dan bumbu spezial lainnya. Buat yang ingin mencobanya bisa melihat di cara membuat martabak telur.

26. Buka Puasa Martabak Manis

Martabak manis dengan isi keju dan coklat sederhana mungkin bisa dipertimbangkan untuk menu takjil buka puasa tahun ini. Adonan martabaknya bisa dibuat di siang hari lalu tinggal memasaknya di atas teflon atau wajan khusus saat menjelang sore hari. Teman teman juga bisa mencoba martabak aneka rasa supaya saat berbuka puasa kali ini lebih spesial buat keluarga. Bahan dan cara membuat martabak untuk takjil bisa dilihat di aneka resep martabak manis spesial.

cara membuat resep martabak maniscara membuat resep martabak manis keju

27. Takjil Buka Bolu Kukus Mekar

Bentuknya sih mirip cupcake maka banyak anak anak yang menyukai bolu dengan bentuk seperti bunga mekar ini. Rasanya yang enak dan lezat dengan aneka warna yang bisa kita sesuaikan sesuai dengan selera memang mengundang perhatian anak anak. Untuk itu tidak ada salahnya bukan kalau kita buat bolu kukus mekar ini buat menu takjil buka puasa nanti. Bahan untuk membuat adonan dan cara membuat bolu mekar ini mudah kok. Silahkan lihat detail bahan bahan apa saja dan langkah langkahnya di link resep bolu kukus mekar.

Dari 27 aneka sajian dan menu takjil buka puasa diatas mana yang kelihatannya mau dicoba di rumah terlebih dahulu? Memang sangat praktis dan anti ribet kalau kita tinggal membelinya di penjual takjil yang biasanya memang menjamur di bulan Ramadhan ini. Tetapi kalau ada waktu tentu lebih asyik bukan membuat aneka takjil buat menu buka puasa tadi di rumah. Untuk persiapan lebaran, teman teman bisa mencoba aneka resep kue kering lebaran spesial yang enak dan anti gagal.

0 komentar:

Posting Komentar

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda