4 Resep Bolu Pisang Panggang + Cara Membuat Bolu Enak Lembut

4 Resep Bolu Pisang Panggang + Cara Membuat Bolu Enak Lembut

6 Aneka Resep Bolu Pisang Panggang Spesial Yang Empuk Dengan Campuran Coklat, Pisang Ambon Bisa Dengan Tanpa Mixer. Dilengkapi Tips Rahasia Cara Membuat Adonan Kue Bolu Pisang Supaya Mengembang Dan Tidak Bantat Dengan Mudah dan Praktis. Bahan Bahan Sederhana Mudah Didapat Dengan Tekstur Moisty.

Resep bolu pisang panggang atau banana cake merupakan kue bolu yang terbuat dari pisang yang enak dengan tekstur yang lembut. Kue ini merupakan salah satu cemilan favorit banyak keluarga dikarenakan mudah dan sederhana bahan bahannya. Tetapi banyak yang salah dalam cara membuat bolu pisang panggang ini sehingga jadinya bantat, kempes di tengah atau bahkan malah tidak mengembang. Kali ini kita akan berikan beberapa kombinasi bolpis panggang yang enak disertai tips bagaimana membuat adonannya supaya lembut, moisty dan mengembang sempurna.

Daftar Isi

Pasti banyak diantara kita yang sempat mencoba membuat resep kue pisang ini dengan semangat 45 tetapi ternyata setelah matang sedikit kecewa. Baik itu yang menggunakan minyak sayur, menggunakan mixer atau cara membuat bolu pisang tanpa mixer. Biasanya hal ini karena tidak mengembang, bantat atau bagian tengahnya tenggelem atau ambles seperti tanah longsor. Cara membuat bolu pisang panggang ini kalau sudah tahu sebenarnya cukup mudah lho. Kalau bantat biasnya karena pengembang kue nya sudah tidak aktif atau takarannya salah. Ambles atau tenggelam ini biasanya bukan karena adonannya salah, tetapi bagian dalam nya belum matang.

Loading...

Rahasia Cara Membuat Bolu Pisang Panggang Supaya Lembut dan Mengembang

Sebenarnya solusinya untuk mencegah agar resep kue bolu pisang panggang ini tidak bantat atau ambles itu cukup mudah lho. Selalu cek pengembang kue yang digunakan masih dalam keadaan bagus dan aktif. Kalau masalah turun atau ambles selalu lakukan tes tusuk dengan lidi sebelum dikeluarkan dari loyang. Tusukkan lidi kecil dan cek, kalau sudah tidak lengketnya lidinya berarti bagian dalam nya sudah benar benar matang. Untuk tips selengkapnya bisa dilihat di tips membuat resep bolu pisang panggang ini dibawah ini ya.

  1. Pertama dan terpenting tentu saja pisang ambon, pisang raja atau jenis pisang lain yang digunakan harus benar benar matang. Bunda bisa melihatnya dengan mudah dari menghitam atau titik hitam di kulit pisangnya.
  2. Kue bantat salah satunya disebabkan pengembang kue nya sudah lama. Selalu gunakan pengembang yang masih bagus atau masih aktif zat pengembangnya.
  3. Saat mengaduk adonan jangan terlalu lama ya. Terutama saat langkah teralhir atau saat pisang dimasukkan supaya nanti tidak bantat.
  4. Loyang yang digunakan harus diolesi atau diberi sedikit minya sayur kemudian kertas roti atau bisa juga dengan sedikit taburan terigu supaya mudah dikeluarkan dan tidak lengket di loyangnya.
  5. Saat mengisi adonan kedalam loyang jangan terlalu penuh supaya matangnya merata dan nanti tidak meluber karena mengembang. Kalau perlu gunakan 2 loyang.
  6. Waktu memanggang adonan bolu nya sebenarnya tidak ada jangka waktu yang tepat. Harus disesuaikan dengan keadaan oven masing masing atau kurang lebih selama 35 sampai 60 menit. Paling dicek saja dahulu dengan cara ditusuk lidi, kalau sudah tidak lengket dan lembab berarti kue bolu pisangnya siap dikeluarkan.
bolu pisang panggang empukbolu pisang panggang lembut

Apabila bahan resep menggunakan minyak sayur sebaiknya tetap memakainya dan jangan diganti dengan margarin cair. Sebenarnya bisa diganti tetapi sifat margarin ini kalau sudah dingin biasanya agak mengeras. Sedangkan salah satu fungsi menggunakan minyak ini supaya tekstur resep bolu pisang ini lebih lembut dan kelihatan moist. Tetapi kalau tidk terlalu suka dengan yang lembut ya terserah juga sih. Oke lebih jelasnya bahan dan cara membuat kue bolu pisang panggang dengan beragai macam varisi bisa dilihat di bawah.

1. Resep Bolu Pisang Panggang Sederhana

Untuk membuat kue bolu yang lembut dan mengembang sempurna sebenarnya tidak selalu susah kok. Bahkan dengan beberapa bahan saja kita bisa membuat kue cemilan istimewa buat anak anak, suami ataupun keluarga di rumah. Bahkan kalau mau resep bolu pisang sederhana ini bisa kita sajikan juga kalau ada tamu atau ada acara di rumah. Sama seperti resep kue lumpur lapindo, bahan dan cara membuat yang versi panggangnya sangat sederhana sekali. Hanya dibutuhkan beberapa bahan untuk membuat resep kue bolu panggang spesial buat orang tercinta.

resep Bolu Pisang Panggang SederhanaBolu Pisang Panggang Sederhana Empuk

Bahan :

  • Tepung terigu serba guna atau bisa juga protein sedang kurang lebih 1/4 kg.
  • Buah pisang ambon atau raja yang sudah masak kurang lebih sebanyak 4 buah ukuran sedang besar.
  • Gula pasir sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1/4 kg (bisa dikurangi juga kalau memang pisangnya sudah benar benar manis).
  • Putih Telur ayam yang sudah bersuhu ruangan kurang lebih sebanyak 4 butir.
  • Kuning telur ayam kurang lebih sebanyak 8 pcs.
  • Air perasan jeruk nipis (tanpa bijinya) kurang lebih sebanyak 1 sendok makan saja.
  • Mentega kualitas bagus kurang lebih sebanyak 150 gram atau bisa juga menggunakan butter.

Cara Membuatnya :

  • Pertama tentu saja siapkan oven dahulu dengan suhu kurang lebih 180 derajat celcius.
  • Siapkan loyang 2 pcs dengan ukuran 22 x 10 cm atau ukuran lain dan beri sedikit minyak lalu lapisi dengan kertas roti atau diberi sedikit taburan tepung terigu.
  • Hancurkan pisang sampai lumat dan benar benar halus.
  • Tuang air jeruk nipisnya lalu aduk bersama pisang halus tadi sampai rata lalu sisihkan.
  • Ambil wadah agak besar lalu masukkan gula pasir dan mentega nya lalu mixer sampai benar benar mengembang.
  • Tuang kuning telurnya satu persatu sambil tetap dimixer sampai rata dan mengembang.
  • Masukkan tepung terigu dan pisang yang sudah dicampur jeruk nipis secara bergantian sambil diaduk sampai benar benar tercampur rata.
  • Ambil wadah lagi lalu masukkan putih telurnya dan mixer sampai mengembang dan kaku.
  • Tuang putih telur tadi sedikit demi sedikit sambil diaduk ke adonan utama sampai benar benar rata. Jangan terlalu lama supaya nanti tidak bantat.
  • Masukkan adonan bolu banana cake tadi lalu masukkan kedalam oven yang sudah panas.
  • Masak dan panggang sampai matang tergantung jenis oven yang digunakan.
  • Kalau dirasa sudah matang tes dengan menusukkan lidi, kalau tidak ada yang lengket bisa dikeluarkan.
  • Biarkan selama kurang lebih 10 sampai 13 menit di loyang supaya panasnya keluar lalu keluarkan dari loyang dan siap untuk dipotong atau diberi hiasan.

2. Resep Bolu Pisang Ambon Panggang Lembut

Untuk membuat resep kue bolu ini, salah satu bahan penting yang harus diperhatikan adalah bahan pisangnya. Selain harus benar benar matang tentu saja pilih yang rasanya memang manis dengan aroma yang harum. Salah satunya yang paling mantap untuk digunakan adalah pisang ambon. Pisang ambon yang teksturnya memang lembut dan rasanya manis pas sekali untuk membuat resep bolu pisang panggang ini.

resep Bolu Pisang Ambon PanggangBolu Pisang Ambon Panggang spesial

Bahan Pertama :

  • Tepung terigu serba guna atau protein sedang kurang lebih senayak 1/4 kg.
  • Garam dapur sesuai kebutuhan dan selera atau kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil.
  • Cocoa powder atau bisa juga diganti bubuk coklat kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil.
  • Vanila halus kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil.
  • Baking soda kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil.
  • Baking powder kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil.

Bahan Kedua :

  • Bahan utama adalah pisang ambon yang sudah benar benar matang dan dihaluskan kurang lebih sebanyak 250 gram.
  • Susu UHT yang rasa plain kurang lebih sebanyak 115 ml.
  • Minyak sayur yang baru dan berkualitas kurang lebih sebanyak 115 ml.
  • Telur ayam yang sudah dikocok lepas di luar kurang lebih sebanyak 2 pcs.
  • Gula pasir sesuai rasa manisnya atau kurang lebih sebanyak 150 gram sampai 170 gram.

Cara Membuatnya :

  1. Pertama tentu saja siapkan dahulu oven untuk dipanaskan dengan suhu kurang lebih sebenar 180 derajat celcius.
  2. Siapkan loyang dan beri olesan sedikit minyak dan beri taburan sedikit tepung atau alasi dengan kertas roti.
  3. Ambil wadah kemudian masukkan tepung terigu, garam dapur dan semua bahan pertama lalu aduk dan campurkan sampai rata lalu sisihkan.
  4. Ambil wadah lagi dan masukkan pisang yang sudah dihaluskan bersama dengan susu uht, minyak sayur dan telur ayam lalu aduk aduk sebentar saja sampai rata menggunakan spatula.
  5. Ambil saringan lalu masukkan campuran tepung di langkah ketiga sedikit demi sedikit sambil di mixer hingga mengembang dan tercampur rata.
  6. Kalau diberi topping bisa ditaburkan irisan pisang, kenari, kismis, choco chips atau lainnya diatas adonan kue bolu nya sesuai selera.
  7. Masukkan kedalam loyang lalu panggang di oven sampai benar benar matang atau kira kira 40 sampai 45 menit.
  8. Keluarkan dan diamkan sebentar sampai uap panasnya hilang dan siap untuk disajikan.

3. Resep Bolu Pisang Coklat Spesial

Ingin mencoba kelezatan coklat yang dipadu atau dikombinasikan dengan lembutnya bolu pisang? Sudah terbayang bukan bagaimana kelezatan keduanya kalau dijadikan resep bolu pisang panggang coklat. Untuk membuatnya, yang paling penting selain pisang harus benar benar masak, kualitas coklat yang digunakan harus benar benar diperhatikan. Kalau teman teman ingin mencobanya, bahan dan cara membuat adonan bolu pisang coklatnya bisa dilihat di resep bolu pisang.

5. Resep Bolu Pisang Panggang Tanpa Mixer

resep Bolu Pisang Panggang Tanpa MixerBolu Pisang Panggang Tanpa Mixer sederhana

Tidak punya mixer di rumah tapi ingin membuat hidangan kue bolu banana cake istimewa buat keluarga? Kalau iya maka resep bolu pisang panggang tanpa mixer dibawah cocok untuk dieksekusi di rumah. Walaupun tidak di mixer dan cukup menggunakan whisk atau malah garpu saja, kue bolu pisang yang kita buat tetap lembut teksturnya lho. Penasaran, silahkan coba bahan dan resep ada dibawah.

Bahan Yang Dibutuhkan :

  • Bahan pertama pisang ambon, raja atau lainnya yang sudah matang dan manis ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4 buah. Haluskan sampai halus.
  • Tepung terigu kurang lebih sebanyak 130 gram.
  • Baking powder yang aktif kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil saja.
  • Baking soda yang masih aktif kurang lebih sebanyak 3/4 sendok kecil.
  • Telur ayam ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 butir kocok lepas.
  • Gula pasir sesuai selera manis atau manisnya pisang atau kurang lebih sebanyak 150 gram sampai 200 gram.
  • Vanila bubuk atau halus supaya lebih harum kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil.
  • Minyak sayur yang baru dan bagus supaya lebih moist teksturnya kurang lebih sebanyak 120 ml.

Cara Membuatnya :

  1. Pertama tentu saja nyalakan oven dan set ke suhu kurang lebih 180 sampai 190 derajat.
  2. Siapkan loyang lalu olesi dengan minyak sayur sedikit atau margarin lalu beri lapisan kertas roti diatasnya.
  3. Campur dan aduk tepung terigu bersama baking powder dan soda sampai tercampur rata dan sisihkan.
  4. Ambil wadah dan masukkan kocokan telur ayam dan gula lalu kocok menggunakan garpu atau whisk sampai rata.
  5. Tuang minyaknya lalu kocok lagi sampai benar benar tercampur rata bahan tadi.
  6. Tuang vanila bubuk dan campuran tepungnya kemudian aduk aduk menggunakan spatula sampai benar benar tercampur rata tetapi jangan terlalu lama ya.
  7. Masukkan pisangnya kemudian aduk kembali sampai rata.
  8. Masukkan adonan kue bolu pisang panggang tadi kedalam loyang.
  9. Masukkan loyang tadi kedalam oven yang sudah panas lalu panggang sampai matang selama kurang lebih 45 menit.
  10. Tes tusuk kalau sudah matang keluarkan dan biarkan sebentar selama 10 sampai 15 menit di loyang baru dilepas.

Tentu saja teman teman bisa menambahkan topping sesuai selera masing masing, seperti parutan keju, choco chips, kenari, kismis ataupun topping lainnya sesuka hati. Teman teman juga bisa menggunakan aneka resep bolu pisang panggang diatas untuk dasaran kue ulang tahun ataupun kue buat acara penting lainnya. Dari aneka dan variasi adonan diatas, yang mana cara membuat bolu pisang panggang yang paling disukai. Untuk menyimpan aneka resep kue bolu ini, silahkan share atau posting di facebook, twitter atau sosial media linnya ya. Untuk resep lainnya, silahkan mencoba bolu pisang kukus, resep bolu kukus mekar, resep brownies kukus atau resep martabak manis. Buat penggemar makanan pedas, silahkan coba cara membuat seblak atau aneka resep martabak telur mini dengan isi kornet, daging cincang atau tahu.

0 komentar:

Posting Komentar

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda