Super Pedas! 6 Resep Seblak Ceker Kerupuk Asli Bandung Menggoda Selera

Super Pedas! 6 Resep Seblak Ceker Kerupuk Asli Bandung Menggoda Selera

Aneka 6 Resep Seblak Ceker Seuhah Sederhana Asli Bandung Mudah Praktis Cara Membuat Bumbu nya dan Bisa Untuk Jualan. Masyarakat negara kita memang bisa dibilang sangat kreatif. Hampir semua bahan makanan bisa diolah menjadi satu resep makanan sehari hari yang lezat dan bernilai jual tinggi. Salah satunya tentu saja adalah seblak ceker spesial khas Bandung ini. Kalau teman teman sudah terbiasa dengan bumbu masakan pasti tahu bahwa bumbu seblak ceker ini yang membedakannya dengan resep ceker pedas adalah aroma kencurnya.

Bagian tubuh ayam paling bawah ini memang unik. Buat sebagian orang mungkin memang sedikit jijik karena bagian inilah yang sering berhubungan dengan kotoran di tanah. Tetap sebenarnya kalau sudah diolah menjadi aneka masakan ceker, tentu banyak orang yang menyukainya. Salah satunya yang paling mudah dan praktis adalah resep seblak ceker ini.

Daftar Isi

Selain lezat, ternyata banyak sekali kandungan gizi dan manfaat yang bisa kita dapat dari tubuh ayam yang sering dilupakan ini. Kalau sudah dibumbuin, tentu saja kita akan lupa bahwa yang kita makan ternyata kaki ayam. Apalagi dipadu dengan bumbu resep seblak ceker yang pedas, yummy pasti ketagihan dan nambah lagi.

Loading...

Manfaat dan Gizi Ceker Ayam

Ceker atau chicken feet dalam bahasa Inggris memang sekilas dipandang sebelah mata. Tetapi ternyata banyak manfaat dan kandungan gizi yang bisa kita peroleh saat mengkonsumsi resep masakan ceker ayam ini. Apalagi kalau kita tahu cara mengolah dan membersihkan kaki ayam ini dengan benar. Yang paling besar tentu zat kapur atau fosfor, Glukosamin dan kalsiumnya yang bagus buat tulang dan anggota gerak. Selain itu semangkuk resep seblak ceker juga banyak mengandung agen gelatin, dan kolagen yang bagus sekali buat kesehatan kulit kita. Oke kalau mau mendapatkan segudang manfaat dan juga kelezatan bagian tubuh ayam ini, yuk kita coba saja aneka masakan ceker dibawah ini.

Cara Membersihkan Ceker Ayam

Pada awalnya melihat kaki ayam mungkin sedikit jijik. Tetapi kalau sudah diolah dengan bumbu seblak yang pedas dan lezat tentu yang biasanya memandang sebelah mata itu akan berbalik menyukainya. Apalagi cara membuat seblak juga cukup mudah sehingga bisa dikerjakan sendiri di rumah. Tentu saja untuk membuatnya menjadi masakan yang lezat dan bikin ketagihan perlu ada cara khusus. Salah satu yang paling penting adalah cara membersihkan ceker ini supaya nanti resep masakan seblak ceker yang kita buat tidak berbau amis. Ciri kebersihan dan siap untuk dimasak biasanya berwarna putih bersih dan kelihatan segar tanpa ada kukunya.

Pertama dan paling tentu saja kukus yang runcing dan kotor tersebut harus dibuang. Untuk memotongnya agak lebar sampai ke bagian sendi dari kuku ayam tersebut atau kurang 0.5 cm dari ujung kuku. selanjutnya kulit ari atau luarnya (biasanya berwarna sedikit kuning) harus dikerok dengan benar dan sampai bersih sekali. Kalau perlu teman teman bisa memberi air jeruk nipis dan sedikit cuka sambil digosok sampai bersih baru dicuci kembali dengan air mengalir. Setelah itu baru direbus sampai mendidih lalu dibuang airnya. Proses perebusan ini bisa dilakukan 2 kali supaya benar benar bersih, baru direbus lagi untuk diambil kuahnya. Kalau kurang bersih memang biasanya bagian kaki ini akan menimbulkan bau amis yang merusak kelezatan seblak ceker yang kita masak.

resep seblak ceker pedasresep seblak ceker super pedas

Aneka Masakan Ceker

Memang banyak sekali aneka masakan ceker ayam yang lezat dan enak bisa kita buat di rumah. Seperti contoh mie ayam ceker, rica rica ceker, Resep Sop Ceker, resep soto ceker dan masih banyak lagi. Sama seperti cara membuat cireng, rata rata cara bikin resep masakan ceker tersebut juga tidak terlalu sulit. Dan yang paling penting buat ibu ibu tentu saja harganya lumayan murah dibandingkan daging ayam biasanya. Memang seperti juga daging ayam, chicken feet ini memang mudah sekali dikreasikan dengan aneka macam bumbu masakan khas Indonesia. Salah satunya tentu saja aneka resep seblak ceker yang lezat, empuk dan super pedas dibawah.

Rahasia Resep Seblak Ceker Asli Pedas

Cara bikin seblak ceker ini memang cukup sederhana dan praktis. Hampir semua orang, baik itu yang sering ataupun tidak suka masak insya Allah bisa membuat salah satu aneka masakan ceker ini dengan baik di rumah. Tetapi walaupun begitu memang ada beberapa rahasia kecil supaya kerupuk kuah Bandung yang kita buat nanti mengundang selera dan bikin ketagihan. Jadi kita bisa membuat makanan seenak resep seblak ceker yang banyak dijual di luar dengan mudah di rumah. Bahkan mungkin malah kita bisa membuat makanan dan cemilan untuk dijual kembali lho. Walaupun mudah, ada beberapa hal yang harus diperiksa dan dipastikan supaya resep makanan olahan ceker dan bumbu seblak ini sempurna hasilnya.

  1. Pertama yang paling penting bersihkan ceker terlebih dahulu, potong kuku dan rebus sampai mendidih lalu cuci kembali supaya tidak ada bau amis dan kotorannya hilang.
  2. Supaya lebih meresap dan tidak terlalu besar, ceker yang sudah direbus bisa dipotong atau di iris menjadi 2.
  3. Bisa menggunakan kerupuk aci, kerupuk udang, kerupuk bawang, kerupuk kanji, kerupuk warna atau lainnya sesuai stok yang ada saja.
  4. Sebelum diolah dengan bumbu khas seblak Bandung, kerupuk bisa direbus sebentar atau bisa juga cuma direndam dengan air panas buat tidak terlalu lembek.
  5. Kunci utama bumbu seblak dan khasnya memang terletak pada kencurnya, jadi kalau tidak suka aromanya jangan dihilangkan. Cukup dikurangi saja.

1. Resep Seblak Ceker Sederhana

Pada umumnya cemilan atau makanan ringan khas Bandung Jawa Barat ini memang identik dengan kerupuk aci yang direndam dan kenyal. Tetapi sebenarnya yang membuat makanan ini mempunyai citarasa khusus adalah bumbu seblak dan kencurnya. Nah kalau memang kebetulan di rumah kita punya stok kaki ayam tetapi tidak punya stok kerupuk kita bisa membuat resep ini. Walaupun tanpa kerupuk, tetapi resep seblak ceker ini tetap nikmat dengan aroma kencur yang terasa sekali. Selain itu kita juga bisa mencoba resep ceker setan yang tidak kalah pedas dan lezatnya.

resep seblak ceker sederhanaseblak ceker sederhana enak

Bahan-bahan :

  • Bahan pertama adalah ceker ayam yang sudah dibersihkan dan direbus untuk membuang kotorannya kurang lebih sebanyak 1/4 kg.
  • Air kaldu ayam secukupnya atau kurang lebih sebanyak 100 ml.
  • Kencur ukuran sedang kurang lebih sebanyak 2 pcs atau kurang lebih sepanjang 2 ruas jari.
  • Bawang merah ukuran sedang kurang lebih sebanyak 2 pcs.
  • Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3 pcs.
  • Buah cabai merah besar kurang lebih sebanyak 1 sampai 2 pcs.
  • Buah cabai rawit pedas secukupnay sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 3 sampai 8 pcs.
  • Garam dapur beryodium dan gula pasir secukupnya atau kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil.
  • Minyak goreng sedikit saja untuk tumisan.

Cara Bikin Seblak :

  1. Pertama setelah ceker dibersihkan dan direbus pertama untuk membuang kotorannya, rebus kembali sampai cekrnya empuk (air jangan dibuang ya).
  2. Uleg dan haluskan kencur, bawang merah, bawang putih, kencur bersama cabai merah dan rawit sampai halus.
  3. Siapkan penggorengan dan beri minyak sedikit lalu tumis bumbu tadi sampai wangi dan harum.
  4. Tuang kurang lebih 100 ml air kaldu bekas rebus diatas bersama dengan ceker yang sudah empuk lalu aduk aduk.
  5. Masukkan garam dapur bersama dengan gula lalu aduk aduk sampai airnya menyusut dan meresap.
  6. Tes rasa dan tambahkan gula dan garam kalau dirasa kurang pas.
  7. Setelah benar benar empuk dan meresap, seblak ceker siap dihidangkan.

2. Resep Seblak Ceker Kuah Bandung

Aroma kencur yang khas dipadu dengan lezatnya kuah bumbu seblak memang sangat menggoda sekali. Apalagi kalau ditambah bahan makanan lain seperti sosis, irisan bakso ataupun telur scrumble pasti lebih menggoda. Resep seblak ceker kuah khas Bandung ini memang nikmat dan lezat sekali. Apalagi kalau dinikmati saat malam, hujan ataupun cuaca lagi dingin. Dijamin bisa mengurangi hawa dingin dan mengembalikan mood yang hilang. Bahan dan cara membuat seblak ceker kuah ini bisa dilihat dibawah ya.

resep seblak ceker kuahseblak ceker kuah spesial

Bahan Seblak :

  • Bahan utama adalah kerupuk udang atau kerupuk lainnya kurang lebih sebanyak 1 genggam. Rendam dahulu dengan air panas kemudian tiriskan.
  • Ceker ayam yang sudah dibersihkan dan direbus sebentar untuk membersihkan ceker tersebut kurang lebih sebanyak 6 sampai 7 ceker untuk menghilangkan kotorannya.
  • Kecap manis kurang lebih sebanyak 1 sendok makan.
  • Daun bawang, kol dan sawi hijau yang sudah diiris iris kalau suka sesuai selera.
  • Telur ayam yang dikocok lepas kurang lebih sebanyak 1 atau 2 butir.
  • Sosis dan bakso kalau suka sesuai selera.
  • Merica halus secukupnya sesuai selera.
  • Gula pasir secukupnya sesuai kebutuhan.
  • Garam beryodium secukupnya sesuai kebutuhan.
  • Minyak goreng secukupnya.
  • Air bersih secukupnya.

Bahan Bumbu Seblak Ceker :

  • Bawang merah kurang lebih sebanyak 5 pcs.
  • Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3 pcs.
  • Buah cabai merah keriting sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 8 sampai 12 pcs.
  • Buah cabai rawit pedas sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 4 sampai 7 pcs.
  • Kencur kurang lebih sebanyak 2 pcs.

Cara membuat Seblak Ceker Kuah

  1. Pertama rebus kembali ceker ayam sampai empuk.
  2. Lalu haluskan atau uleg bawang merah, putih, kencur dan cabainya sampai halus.
  3. Siapkan penggorengan dan beri minyak sedikit lalu tuang bumbu halus diatas lalu aduk aduk sampai wangi dan harum tumisan.
  4. Tuang telur yang sudah dikocok lepas kemudian orak arik sebentar.
  5. Masukkan kerupuk yang sudah direndam tadi bersama dengan air secukupnya dan irisan sosis dan atau bakso. Aduk sampai rata.
  6. Masukkan ceker ayam yang sudah lunak tadi kemudian aduk aduk sebentar.
  7. Masukkan irisan daun bawang dan sayuran lainnya kalau suka kemudian aduk aduk sebentar.
  8. Masukkan kecap manis bersama dengan garam dapur, gula dan mericanya lalu aduk kembali sampai bumbunya meresap.
  9. Sajikan seblak ceker kuah tadi bersama taburan bawang goreng dan irisan tomat kalau suka.

3. Resep Seblak Ceker Sayur

Buat teman teman yang suka sayur juga bisa tetap mendapatkan manfaat sayur dari semangkuk seblak ceker ini lho. Selain kaki ayam dan kerupuk yang kenyal, kita juga bisa menambahkan beberapa sayuran, seperti daun bawang, sawi hijau, kol, daun cesim, tauge, wortel ataupun ayuran lainnya sesuai selera. Cara membuat seblak ceker sayur ini juga tidak berbeda dengan lainnya. Untuk bumbu nya bisa menggunakan seblah kuah Bandung yang ada di resep diatas.

4. Resep Seblak Ceker Setan Bumbu Mercon

Seblak memang selalu identik dengan cita rasa nya yang pedas dan menggungah selera. Kalau yang versi biasa yang sering dijual itu kurang pedas, maka sudah saatnya teman teman mencoba resep cemilan bandung di bawah ini. Seblak ceker setan atau mercon ini dijamin akan mengobati kerinduan teman teman akan makanan yang bisa menggoyang lidah. Apalagi di tambah dengan bumbu seblak yang super nikmat.

resep seblak ceker setanseblak ceker setan mercon

Bahan Seblak Ceker Setan

  • Bahan utama adalah kerupuk udang atau kerupuk kanji kurang lebih sebanyak 0.1 kg.
  • Ceker ayam yang sduah diberishkan kurang lebih sebanyak 0.3 kg.
  • Kencur ukuran agak besar kurang lebih sepanjang 1 ruas jari dewasa.
  • Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3 pcs.
  • Buah cabai merah kurang leih sebanyak 4 batang.
  • Buah caai rawit pedas sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 11 sampai 16 pcs.
  • Gula merah atau bisa juga menggunakan gula pasir kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil.
  • Kaldu instan rasa ayam supaya lebih gurih secukupnya atau kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil.
  • Air bersih kurang lebih sebanyak 400 ml.

Cara membuatnya :

  1. Pertama siapkan panci berisi air kemudian masukkan ceker bersihnya lalu masak dengan api kecil saja sampai kelihatan keluar kaldu nya.
  2. Rebus kerupuk yang akan dipakai sampai mekar.
  3. Ambil ulegan kemudian haluskan kencur bersama dengan buah cabai dan bawang putih sampai halus.
  4. Siapkan wajan dengan sedikit minyak kemudian masukkan bumbu diatas dan aduk aduk sampai wangi.
  5. Masukkan cekernya bersama dengan air bekas rebusan yang berisi kaldu tadi secukupnya.
  6. Masukkan kaldu ayam dan gula merah kemudian aduk aduk kembali sampai rata dengan api kecil saja dan tutup wajannya sampai kuahnya meresap dan menyusut.
  7. Masukkan kerupuk basahnya kemudian aduk kembali dan masak sampai kuahnya benar benar mengental.
  8. Tes rasa dan kalau sudah pas siap untuk disajikan.

5. Resep Seblak Ceker Pedas Manis

Seblak pedas memang sangat menggoda tetapi kadangkala ada beberapa orang yang tidak terlalu suka pedas. Beberapa orang memang suka pedas tetapi juga suka manis. Padahal kedua rasa tersebut pada dasarnya bertentangan bukan. Tetapi kalau kita bisa menyiasati, sebenarnya kedua rasa dasar tersebut bisa digabung lho. Contohnya untuk membuat seblak ceker pedas manis, teman teman tetap bisa menggunakan bumbu seblak ceker diatas tetapi ditambah kecap manis kental. Kecap manis ini memberikan citarasa manis diantara ceker ayam yang pedas tersebut.

resep seblak ceker keringseblak ceker kering pedas

6. Resep Seblak Ceker Kering

Menikmati pedasnya kerupuk basah dengan kuah yang pedas memang nikmat. Tetapi kalau teman teman enggak terlalu suka dengan masakan pedas yang berkuah, mungkin resep khas Bandung ini bisa dicoba. Resep seblak ceker kering ini menggabungkan pedasnya cabai dan lezatnya bumbu seblak yang khas. Bumbu masih sama, yaitu menggunakan kencur yang memang bisa dibilang wajib untuk memasak makanan ini. Cuma bedanya dengan resep kerupuk ceker yang biasanya, resep kali ini minus kuah.

Bahan-bahan :

  • Bahan utama adalah ceker ayam yang sudah dibersihkan kurang lebih sebanyak 250 gram.
  • Kerupuk udang atau kerupuk warna warni kurang lebih sebanyak 250 gram juga.
  • Telur ayam ukuran sedang kurang lebih sebanyak 2 pcs (bisa dihilangkan kalau tidak suka) kocok lepas.
  • Buah cabai rawit sesuai tingkat kepedasan atau kurang lebih sebanyak 8 sampai 14 pcs.
  • Kencur ukuran agak besar sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 2 pcs.
  • Bawang putih kurang lebih sebanyak 3 pcs ukuran sedang besar.
  • Gula pasir sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 2 sendok makan.
  • Kaldu ayam bubuk supaya lebih gurih dan sedap secukupnya.
  • Tomat segar kurang lebih sebanyak 1 atau 2 buah. Cuci bersih kemudian iris tomatnya.
  • Saus tomat supaya lebih mantap kalau suka sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 3 sachet kecil.
  • Mentega kurang lebih sebanyak 1 sendok makan.
  • Daun bawang yang sudah dicuci bersih dan diiris atau rajang sesuai selera.
  • Garam dapur beryodium secukupnya sesuai kebutuhan.
  • Air sedikit saja atau kurang lebih sebanyak 200 ml.

Langkah Membuatnya :

  1. Pertama rebus ceker yang sduah dibersihkan sampai mendidih kemudian buang airnya dan rebus kembali sampai agak lunakn dan tiriskan. Supaya lebih meresap, ceker tadi bisa dipotong menjadi 2.
  2. Rebus kerupuk sebentar atau bisa direndam dengan air panas sampai lunak dan kenyal lalu tiriskan.
  3. Haluskan dan uleg bawang putih bersama dengan cabai rawit dan kencur sampai halus.
  4. Siapkan wajan dengan margarin tadi kemudian setelah cair masukkan bumbu seblak ceker diatas dan tomatnya lalu aduk sampai wangi.
  5. Tuang air bersih bersama dengan kaldu ayam, saus tomat, garam dapur, daun bawang dan gula kemudian aduk sampai rata.
  6. Masukkan ceker yang sduah empuk bersama dengan kerupuk nya lalu aduk aduk sebentar sampai rata dan tercampur.
  7. Masukkan kocokan telurnya (kalau pakai) kemudian aduk aduk sebentar.
  8. Tes rasa dan tambahkan garam, gula atau kaldu bubuk lalu aduk kembali sampai semua matang, mengering dan siap disajikan.

Selesai sudah aneka masakan ceker ayam dengan bumbu seblak ceker diatas. Selain diatas, sebenarnya teman teman bisa menciptakan sendiri resep seblak ceker dengan tambahan bakso, udang, sosis, telur puyuh atau bahkan daging asap yang lezat. Paling hanya beberapa bumbu saja, terutama garam dan gula yang perlu disesuaikan. Kalau cara membuat seblak khas Bandung yang bisa mengikutin yang diatas. Untuk ide resep masakan sehari hari lainnya, silahkan mencoba ayam rica rica, resep ayam teriyaki atau aneka resep nasi goreng spesial ala Restauran.

0 komentar:

Posting Komentar

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda