2 Resep Rendang Daging Jawa Bumbu Spesial Praktis Lezat

2 Resep Rendang Daging Jawa Bumbu Spesial Praktis Lezat

2 Aneka Resep Rendang Daging Jawa Menu Spesial Lebaran dan Buka Puasa Yang Mengundang Selera Untuk Lebaran, Buka Puasa dan Sehari Hari. Rahasia Cara Membuat Bumbu Rendang Jawa Yang Sederhana Tetapi Seenak Padang Serta Tips Memasak Resep Masakan Daging Sapi Tradisional Yang Empuk dan Bikin Ketagihan.

Rendang adalah Resep Masakan Indonesia asli negara kita dengan bahan dasar daging sapi dengan bumbu rempah rempah khas Padang. Tidak hanya di negara kita tercinta Indonesia, resep masakan daging sapi ini juga mendapatkan pengakuan di luar negeri sebagai salah satu masakan terlezat yang pernah ada. Walaupun memang resep aslinya menggunakan bumbu khas padang, tetapi kita juga memodifikasinya lho. Salah satunya dengan bumbu rendang yang lebih praktis, yaitu resep rendang daging jawa ini.

Daftar Isi Aneka Resep Rendang Daging Jawa

Selain masakan daging sapi ini, sebenarnya masih ada lho masakan yang sudah diakui sebagai makanan lezat oleh penduduk dunia, yaitu resep nasi goreng dan resep sate ayam dan kambing. Tetapi memang yang menjadi urutan paling atas adalah resep masakan rendang. Tidak dipungkiri memang kelezatan dan citarasanya memang sangat lezat sekali. Apalagi kalau menggunakan bumbu rendang jawa yang lebih praktis dan sederhana. Resep rendang jawa ini tidak kalah lezatlah pokoknya dibandingkan resep aslinya yang dari tanah Minang.

Loading...

Perbedaan Rendang Daging Jawa dan Padang

Buah yang ahli dan berpengalaman, dengan melihat bentuk dan tampilannya saja sudah tahu mana yang resep rendang daging jawa atau yang versi padang. Apalagi kalau sudah dirasakan, perbedaan kedua macam resep menu masakan daging sapi terlihat sekali bedanya. Yang versi minang pasti menggunakan bunga pekak atau bunga lawang yang berbentuk seperti bintang. Aroma dan rasanya memang berpengaruh sekali terhadap citarasanya. Berbeda dengan bumbu rendang jawa yang biasanya lebih praktis dan sederhana. Khas sekali resep menu masakan jawa yang biasanya memang praktis cara membuatnya.

Kalau dari tampialnnya, resep rendang daging jawa ini kelihatan lebih berkuah dan basah. Berbeda dengan rendang daging padang yang memang kering tampilannya. Hal ini disebabkan cara membuat rendang daging jawa memang lebih cepat waktunya. Berbeda dengan versi minang yang memang butuh waktu yang cukup lama untuk mengeringkan bumbu rendang dagingnya.

Tips Cara Membuat Rendang Jawa Spesial

Seperti juga aneka resep rendang padang yang sudah pernah kita posting sebelumnya, komposisi bahan bumbu rendang daging jawa ini menjadi salah satu kunci lezatnya masakan daging sapi yang kita buat. Jangan terlalu pelit di bumbu tetapi tetap sesuaikan juga sih dengan selera masing masing. Supaya lebih legit dan lezat rasanya, air yang digunakan untuk memeras parutan kelapa buat santan rendangnya lebih baik menggunakan air kelapa saja.

Daging sapi yang digunakan memang paling baik dipilih daging spesial atau yang tanpa lemak sehingga lebih meresap bumbu rendang jawa nya. Selain itu saat memotong dagingnya, jangan terlalu besar dan arah pisaunya berlawanan ya dengan arah serat dagingnya supaya rapi dan tidak mudah hancur. Selama proses pemasakan, terutama saat semua bumbu dan daging sudah dimasukkan api yang digunakan harus kecil ya. Proses mengaduknya bumbu nya juga jangan berhenti supaya santannya tidak pecah dan tidak berkerak dibawahnya.

Resep Rendang Jawa Sederhana

Selain resep kue kering, masakan daging sapi dengan bumbu rendang jawa spesial ini pas sekali untuk persiapan lebaran nanti. Apalagi kalau tidak punya banyak waktu, resep rendang daging jawa ini lebih praktis dan sederhana cara membuatnya. Pas juga buka puasa dengan rendang daging bukan. Penasaran, yuk coba resep masakan jawa ini dibawah.

resep rendang jawa sederhanarendang jawa sederhana praktis

Bahan-bahan :

  • Bahan utama tentu saja daging sapi segar kurang lebih sebanyak 2000 gram.
  • Kelapa yang sudah tua diparut kurang lebih sebanyak 2 pcs. Peras santannya hingga menjadi 1 liter santan kental dan 1 liter santan encer.
  • Daun salam kurang lebih sebanyak 5 pcs. Cuci bersih kemudian sobek atau rajang daun salamnya.
  • Daun kunyit kurang lebih sebanyak 2 pcs. Cuci bersih kemudian rajang sampai halus daunnya.
  • Gula merah yang sudah disisir halus sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.
  • Lengkuas ukuran sedang kurang lebih sebanyak 2 ruas jari dewasa dan geprek.
  • Batangs serah diambil putihnya saja yang sudah digeprek dan memarkan kurang lebih sebanyak 2 pcs aja.
  • Gula pasir secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok makan.
  • Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kebutuhan.
  • Minyak dan air secukupnya sesuai kebutuhan.

Bumbu Rendang Daging Jawa Sederhana

  • Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 15 pcs. 4 siung dirajang dan sisanya nanti diuleg bersama dengan bumbu rendang daging jawa lainnya.
  • Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 8 pcs.
  • Cabai merah sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 200 gram.
  • Cabai merah kering kalau suka pedas sesuai selera atau kurang lebih 100 gram.
  • Kemiri kurang lebih sebanyak 2 pcs saja.
  • Kunyit kurang lebih sebanyak 1 ruas jari saja.
  • Jahe ukuran sedang kurang lebih sebanyak 1 ruas jari saja.
  • Merica halus secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil.
  • Ketumbar halus sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok makan.

Cara membuat rendang jawa sederhana

  1. Pertama cuci bersih daging sapinya kemudian potong bentuk kotak sesuai selera. Kalau perlu daging bisa dikucuri dengan air jeruk nipis sampai rata dan biarkan 15 menit kemudian cuci bersih lagi.
  2. Sambil menunggu haluskan dan uleg bumbu rendang jawa diatas sampai halus.
  3. Siapkan wajan dengan minyak sedikit saja kemudian masukkan bawang merah yang dirajang lalu aduk sebentar kemudian bumbu tadi dan tumis lalu aduk aduk sampai harum dan wangi.
  4. Tuang santan kentalnya bersama dengan daun salam, daun kunyit yang sudah disobek sobek dan buang tulangnya, sereh dan sere kemudian aduk aduk seperti menimba sampai mendidih dan kelihatan keluar minyaknya.
  5. Masukkan potongan daging sapi nya kedalam wajan kemudian aduk aduk kembali sampai bumbunya menyatu dan daging sapi nya berubah warna.
  6. Masukkan garam dapur, gula merah dan gula pasirnya kemudian aduk aduk sampai rata.
  7. Tuang santan encernya kemudian aduk aduk sampai daging rendangnya benar benar empuk dan siap untuk disajikan.

Resep Rendang Daging Jawa Spesial Rempah

Memasak rendang daging memang tidak boleh terlepas dari bumbu rempah nya. Kalau kebetulan teman teman di rumah punya stok bumbu yang lengkap, resep rendang daging jawa dibawah mungkin pas untuk dicoba. Ditambah dengan air kelapa, aroma dan citarasa masakan olahan daging sapi terasa begitu nikmat dan lezat sekali.

resep rendang daging jawarendang daging jawa mantap

Bahan Rendang

  • Daging sapi yang tanpa lemak atau sedikit lemaknya kurang lebih sebanyak 1000 gram saja.
  • Kelapa tua yang sudah diparut kurang lebih sebanyak 2 pcs aja.
  • Air kelapa supaya lebih gurih kurang lebih sebanyak 2000 ml.
  • Daun kunyit kurang lebih sebanyak 2 pcs.
  • Daun jeruk yang dibuang tulangnya kurang lebih sebanyak 4 sampai 5 pcs.
  • Daun salam kurang lebih sebanyak 5 pcs.
  • Cengkeh kurang lebih sebanyak 3 pcs.
  • Lengkus atau laos yang sudah digeprek kurang lebih sepanjang 1 ruas jari saja.
  • Gula pasir dan garam beryodium secukupnya sesuai kebutuhan dan selera.

Bahan Bumbu Rendang Jawa

  • Cabai merah besar dan keriting sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 100 gram.
  • Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 5 pcs.
  • Jinten kurang lebih ebanyak 1/4 sendok kecil.
  • Bawang merah kurang lebih sebanyak 10 pcs atau 100 gram saja.
  • Jahe ukuran sedang kurang lebih sebanyak 1 ruas jari dewasa saja.
  • Pala sedikit saja atau kurang lebih sebanyak 1/4 pcs.
  • Ketumbar secukupnya atau kurang lebih sebanyak 1 sendok makan.

Cara masak rendang sapi jawa spesial

  1. Pertama cuci dengan air mengalir daging sapi nya kemudian potong bentuk kotak atau persegi panjang sesuai selera.
  2. Ambil parutan kelapanya kemudian peras menggunakan air kelapa yang sudah disiapkan dan pakai santan yang kentalnya saja.
  3. Siapkan wajan besar yang tebal kemudian masukkan santannya dan aduk aduk seperti menimba sampai mendidih.
  4. Sambil menunggu haluskan dan uleg bawang merah, bawang putih, jinten dan bumbu lainnya sampai halus.
  5. Setelah santannya mendidih masukkan bumbu rendang daging yangsudah halus diatas bersama dengan daun salam, daun jeruk, cengkeh, serai, daun kunyit dan lengkuasnya.
  6. Aduk aduk semua bahan tadi supaya tercampur rata.
  7. Masukkan potongan daging sapinya kemudian aduk aduk kembali sebentar.
  8. Masukkan gula pasir dan garam dapur sedikit saja sesuai selera kemudian aduk aduk lagi sampai meresap dan santannya menyusut.
  9. Tes rasa dan kemuidan aduk kembali sampai daging rendnagnya kelihatan berubah warna atau kurang lebih selama 120 menit sampai 150 menit lalu angkat.

Memang kalau dibandingkan dengan resep rendang padang, menu masakan jawa ini memang kelihatnnya kurang di bumbu rendang nya. Walaupun lebih sedikit dan lebih cepat cara membuat rendang daging jawa ini rasanya tetap legit dan lezat lho. Selain untuk lebaran, masakan no 1 ini pas juga buat menu buka puasa, teman makan ketupat (lihat di cara membuat ketupat) atau buat resep masakan setiap hari. Apalagi bisa disimpan dalam jangkla waktu lama sehingga lebih praktis bukan. Untuk ide persiapan lebaran lainnya, silahkan mencoba aneka resep opor ayam, resep sambal goreng kentang, resep rendang jengkol atau kumpulan resep kue kering lebaran.

0 komentar:

Posting Komentar

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda