4 Cara Membuat Ketupat Nasi Yang Benar & Tahan Lama

4 Cara Membuat Ketupat Nasi Yang Benar & Tahan Lama

4 Tehnik Cara Membuat Ketupat Lebaran Yang Benar Dengan Panci, Presto, Magic Com dan Plastik Supaya Empuk dan Tidak Lembek. Dilengkapi rahasia dan tips cara resep bikin ketupat dengan janur, magic com atau plastik supaya tahan lama dan memilih beras yang baik untuk makanan ini.

Ketupat, kupat atau tipat adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari beras dan pengganti nasi dengan lauk dan sayur tambahan lainnya. Tekstur dan rasanya sama persis dengan lontong yang memang sama sama terbuat dari beras. Perbedaanya sebenarnya hanya terletak di cara membuat ketupat, cara membungkus dan bentuknya saja. Makanan ini nikmat sekali untuk disajikan bersama opor ayam, resep rendang daging, sayur labu siam ataupun resep masakan sehari hari khas negara kita lainnya. Walaupun terbuat dari beras, tetapi tekstur dan aroma ketupat ini berbeda jauh lho dengan saudara kembarnya yaitu nasi.

Daftar Isi Aneka Cara Membuat Ketupat Lebaran

Cara membuat ketupat sekilas memang kelihatannya sangat mudah dan sederhana. Tetapi kalau sudah mencobanya tanpa tahu rahasia dan tehnik cara bikin ketupat pasti banyak yang gagal. Memang walaupun makanan terbuat dari beras ini hanya digunakan sebagai pelengkap ketupat sayur, lontong sayur, opor, sate dan aneka resep masakan Indonesia sehari hari. Tetapi dibutuhkan beberapa tips cara masak ketupat khusus supaya tekstur nanti tidak terlalu keras sehingga mengurangi kelezatannya. Atau malah nanti malah terlalu lembek seperti bubur karena terlalu banyak air atau salah saat mencucinya.

Loading...

Perbedaan Ketupat dan Lontong

Kalau sudah dipotong dan disajikan bersama dengan masakan pelengkapnya, mungkin banyak diantara kita yang bingung membedakan mana yang resep ketupat atau mana yang lontong. Sekilas memang kelihatan mirip karena sama sama terbuat dari beras yang dibungkus dan cara membuat ketupat dan lontong juga dimasak sampai matang. Tetapi kalau teman teman memang ahlinya pasti bisa membedakannya kok.

Yang paling kelihatan tentu saja dari bentuk dan bahan pembungkusnya. Resep ketupat selalu identik dengan janur atau bungkus yang terbuat dari daun kelapa. Sedangkan lontong biasanya terbuat dari daun pisang yang sudah dibersihkan atau beberapa juga menggunakan plastik makanan supaya lebih praktis. Perbedaan bahan pembungkusnya ini saja sudah membuat kedua makanan ini mempunyai aroma dan rasa yang berbeda lho.

Selain bungkus, bentuk lontong yang memanjang dan ketupak yang kotak juga terlihat berbeda bukan. Yang paling penting dan membuatnya berbeda adalah cara membuat ketupat dan lontongnya. Ketupat dibuat langsung dari beras yang sudah dicuci bersih kemudian dimasukkan ke janur kotak nya. Sedangkan lontong biasanya dibuat dari nasi yang sudah setengah matang atau sudah diaron terlebih dahulu.

Selain itu kalau lontong bisa diberi bumbu dan isian seperti ayam, sayuran, jamur dan lainnya. Sedangkan kalau ketupat tidak dan hanya terbuat dari beras saja. Buat yang ingin membuat ketupat sendiri di rumah, dibawah kita berikan tips dan tehnik cara membuat ketupat yang benar, tahan lama, bersih dan empuk anti gagal.

resep ketupat lebaranresep ketupat empuk

Tips Rahasia Cara Membuat Ketupat Yang Benar dan Tahan Lama

  1. Pertama tentu saja beras sebagai bahan dasar yang dipilih yang berkualitas bagus dan bersih. Bisa menggunakan beras yang beraroma wangi seperti menthik atau beras pulen yang biasa.
  2. Rendam beras yang sudah dicuci bersih terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke bungkus janur ketupatnya selama 1/2 jam sampai 3 jam.
  3. Beras yang sudah direndam diatas harus ditiriskan terlebih dahulu supaya nanti tekstur ketupatnya tidak lembek dan empuknya pas.
  4. Janur atau bungkus ketupatnya sebaiknya sebelum digunakan juga direndam kedalam air minimal 1/2 sampai 1 jam lalu tiriskan sampai kering.
  5. Kalau membelinya, pilih yang bentuknya agak memanjang dan rapat supaya nanti rapi jadinya.
  6. Panci yang digunakan untuk memasak ketupatnya pilih yang ukurannya besar supaya nanti bisa mengembang dan matang sempurna.
  7. Jangan terlalu banyak mengisi beras kedalam bungkus janurnya supaya bisa mengembang dan tidak terlalu keras. Sesuaikan saja dengan beras yang digunakan, 1/3 bagian untuk beras biasa atau kurang lebih isi sampai 2/3 bagian kalau menggunakan beras yang empuk dan pulen.
  8. Pastikan janurnya menutup dengan rapat dan rapikan supaya tidak keluar.
  9. Tambahkan air kedalam panci kalau berkurang dan selalu pastikan semua bagian ketupatnya terendam.
  10. Kalau menggunakan panci bertekanan tinggi atau presto, air jangan terlalu penuh. Cukup sampai terendam saja supaya tidak meluap nanti airnya saat proses perebusan.
  11. Setelah matang angkat dan gantung di ruangan yang banyak anginya supaya tiris dan tahan lama.
  12. Supaya bisa tahan lama, ketupat yang sudah jadi bisa disimpan di kulkas. Pastikan sudah benar benar kering dan tidak menyimpan airnya.
  13. Saat proses pembuatan ketupat bisa ditambahkan sedikit air kapur sirih kalau suka dengan perbandingan kurang lebih 1kg beras dengan 2 atau 3 sendok makan airnya. Yang diambil airnya saja ya kemudian campurkan dengan beras yang sudah dicuci, jangan termasuk endapan kapurnya.

1. Cara Membuat Ketupat Lebaran Sederhana Dengan Panci

Untuk membuat ketupat lebaran yang bagus dan benar sebenarnya cukup mudah kok. Asal teman teman mengikuti langkah dan tips membuat ketupat yang benar diatas, insyaAllah kita tidak perlu membelinya lagi.

resep cara membuat ketupatcara membuat ketupat spesial

Bahan-bahan :

  • Beras pilih yang kualitas bagus kurang lebih sebanyak 1000 gram.
  • Janur ketupat atau bungkus janurnya secukupnya atau kurang lebih 14 sampai 17 pcs.
  • Daun pandan supaya aroma khasnya keluar dan harum.
  • Garam dapur beryodium dan air bersih secukupnya sesuai selera dan takaran biasanya.

Cara masak ketupat sederhana

  1. Pertama cuci beras yang sudah dipersiapkan 2 sampai 3 kali.
  2. Rendam beras diatas secukupnya atau kurang lebih selama 60 sampai 120 menit lalu tiriskan dan buang air rendaman tersebut.
  3. Beri taburan garam dapur beryodium secukupnya sesuai kebutuhan.
  4. Masukkan beras diatas kedalam bungkus janurnya kurang lebih sebnayak 1/2 bagian.
  5. Rapikan janurnya dan kunci. Ulangi sampai habis.
  6. Letakkan daun pandan di bagain bawah panci.
  7. Taruh ketupat ketupat berisi beras tadi kedalam panci dalam posisi tegak atau berdiri.
  8. Simpulkan ujungnya supaya nanti saat dimasak tidak berantakan dan berubah posisinya.
  9. Tuang air secukupnya sampai semuanya terendam.
  10. Nyalakan api dan masak sampai matang atau kurang lebih selama minimal 120 atau sampai 180 menit atau 3 jam.
  11. Jangan lupa periksa ketinggian air dan tambah kalau berkurang ya.
  12. Setelah matang periksa dengan cara menekannya dan kalau sudah keras siap untuk diangkat dan dianginkan supaya airnya habis.

2. Cara Membuat Ketupat Dengan Presto

Salah satu kendala dan hambatan buat sebagian oran untuk membuat resep ketupat ini biasanya karena waktu memasaknya yang cukup lama. Memang untuk membuat menggunakan panci butuh waktu paling cepat 2 jam atau 120 menit. Itu tergantung juga dengan banyak atau sedikitnya kupat lebaran yang akan kita buat. Nah buat yang enggak sabar, kita bisa membuat dan merebusnya menggunakan panci presto. Untuk bahan dan komposisi beras, air dan bahan lain bisa disesuaikan dengan takaran biasanya.

Cara bikin ketupat menggunakan presto :

  1. Setelah beras dimasukkan ke sangkar ketupatnya, masukkan ke panci presto dengan posisi berdiri dan diikat simpul ujungnya dengan ketupat lainnya.
  2. Isi air sampai batas maximal dan jangan sampai penuh sampai ke tutupnya ya.
  3. Masak dan rebus sampai panci prestonya kurang lebih selama 90 menit atau sampai berbunyi dan mendesis lalu matikan apinya.
  4. Biarkan ketupat tadi didalam panci dan jangan buka tutupnya selama kurang lebih 30 atau 40 menit atau sampai tidak ada suara desisan lagi.
  5. Buka dan angkat lalu gantung dan anginkan sampai tidak panas lagi.

3. Cara Masak Ketupat Dengan Magic Com Rice Cooker

Selain dengan panci biasa atau menggunakan presto ternyata kita juga bisa bikin ketupat dengan rice cooker atau magic com lho. Sebenarnya sih ini biasanya disebut ketupat kw abal abal karena memang tidak menggunakan sangkar janur. Cara membuat ketupat dengan rice cooker ini berbeda sekali dengan yang menggunakan janur. Penasaran, silahkan lihat cara masaknya dibawah ini.

ketupat magic com sederhanaketupat magic com lebaran

Bahan Ketupat :

  • Beras kualitas bagus yang sudah dicuci bersih kurang lebih sebanyak 1 cup.
  • Air bersih secukupnya sesuai dengan karateristik berasnya atau kurang lebih 3 cup.
  • Garam dan air kapur sirih kalau suka sesuai selera (bisa dihilangkan kalau tidak ada).

Cara Bikin Ketupat Pakai Rice Cooker

  1. Pertama masukkan beras yang sudah dicuci bersih kedalam wadah magic com kemudian tekan masak seperti biasa sampai matang.
  2. Setelah matang biarkan didalam rice cooker selama kurang lebih 20 menit saja.
  3. Siapkan tempat wadah atau luch box anti panas.
  4. Masukkan nasi yang sudah tanak tadi kedalam box tadi kemudian tekan tekan sampai benar benar padat.
  5. Biarkan dahulu sampai dingin selama kurang lebih 60 menit kemudian keluarkan dan ketupat imitasi siap untuk dipotong sesuai selera.

4. Cara Membuat Ketupat Pakai Plastik

cara membuat ketupat dengan plastik praktiscara membuat ketupat dengan plastik sederhana

Ketupat memang biasanya selalu identik dengan sangkar janurnya. Tetapi kalau memang sangkarnya ini tidak ada ataupun janurnya tidak punya tentu akan kesulitan untuk membuatnya bukan. Apalagi kalau tidak menjelang lebaran pasti jarang bahkan tidak ada penjual sangkar janurnya. Untuk itu sebenarnya kita juga bisa menggunakan plastik lho. Cara membuat ketupat nya sama seperti menggunakan sangkar janur.

Setelah beras dimasukkan kedalam plastik, lubangi bagian luarnya dengan jarum di beberapa titip ya supaya sirkulasi airnya bisa berjalan dan matangnya merata. Untuk isi berasnya juga jangan terlalu banyak ya. Cukup setengah bagian plastik supaya bisa mengembang sempurna.

Dari aneka cara membuat ketupat yang benar dan anti gagal diatas mana yang menurut teman teman paling mudah? Memang membuat ketupat ini butuh waktu tetapi kalau bikin sendiri pasti lebih puas bukan. Disamping itu menjelang hari raya pada umumnya harga 1 pcs ketupat juga pasti naik berapa kali lipat bukan. Jadi tepat sekali aneka resep ketupat lebaran yang kita berikan diatas. Apalagi kalau disajikan saat lebaran nanti bersama dengan aneka resep sate ayam, resep opor ayam ataupun gado gado.

0 komentar:

Posting Komentar

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda