4 Resep Nasi Liwet Spesial Solo Sunda Komplit Gurihnya Mantap

4 Resep Nasi Liwet Spesial Solo Sunda Komplit Gurihnya Mantap

Aneka Resep Nasi Liwet Khas Sunda dan Solo Komplit Spesial Mantap Gurihnya. Praktis Bisa Menggunakan Magic Com dan Rice Cooker Pas Untuk Sehari hari. Lengkap Dengan Cara membuat Telur Pindang, Ayam Opor Ingkung, Sayur Labu Siam Khas Solo Yang Lezat.
Nasi liwet merupakan jenis nasi khas yang pertama kali muncul di daerah Solo Jawa Tengah. Tetapi saat ini resep nasi liwet sunda pun juga sudah banyak dijual dan digemari masyarakata Indonesia. Tampilannya sebenarnya hampir sama dengan nasi yang biasanya kita makan sehari hari bersama dengan sayur dan lauk pauk.
Perbedaan kedua resep nasi liwet ini hanya di citarasa yang memang lebih sedap dan gurih. Citarasa ini dikarenakan memang ada tambahan santan yang dipakai untuk membuatnya. Kalau cara membuat nasi liwet, baik itu versi Solo ataupun Sunda sebenarnya sama denagan menanak nasi secara tradisional.
Karena memang merupakan makanan pokok kebanyakan masyarakat di pulau Jawa, kedua resep nasi liwet ini saat ini menjadi sangat populer sekali. Banyak sekali penjual masakan ini di mall mall atau restauran besar. Terutama kalau kita singgah di Solo ataupun daerah Sunda kita bisa menemukan dan membelinya dengan mudah. Buat sebagian orang memang agak malas untuk membuatnya sendiri di rumah.
Loading...
Daftar Isi Aneka Resep Nasi Liwet Spesial
Tetapi padahal kalau sudah tahu padahal sebenarnya cara membuat nasi liwet ini baik yang versi Sunda ataupun solo cukup mudah lho. Bahan dan bumbu nasi liwet bisa dibilang sangat sederhana. Paling yang agak sedikit ribet memang membuat lauknya, seperti sambal, sayur labu siam, ayam ingkung, ikan jambal roti ataupun bahan pelengkap lainnya. Selain untuk sajian spesial, resep nasi khas Indonesia ini pas juga untuk menu buka puasa atau sarapan pagi yang sehat dan bergizi.

Perbedaan Nasi Liwet dan Nasi Uduk

Kalau hanya dilihat secara sekilas, kedua resep nasi khas negara kita tercinta ini memang kelihatan tidak ada bedanya. Citarasanya sekilas memang mirip dengan resep nasi uduk yang sama sama mempunyai citarasa gurih yang lezat.
Tetapi setelah dekat dan menikmati kelezatannya, baru biasanya kita tahu perbedaan kedua jenis resep olahan beras ini. Memang dari aromanya saja, nasi uduk jelas lebih gurih karena menggunaan santan dan bumbu yang lebih lengkap. Sedangkan nasi liwet ini biasanya hanya proses memasaknya saja yang beda tanpa banyak tambahan paling cuma air santan sehingga aroma nasi nya biasa cuma lebih harum.

Perbedaan Nasi Liwet Sunda dan Solo

Walaupun sebenarnya resep nasi liwet ini berasal dari daerah Solo dan Jawa Tengah, tetapi saat ini banyak ditemukan juga nasi liwet sunda lho. Karena memang berasal dari dua daerah yang berbeda adat istiadat dan budayanya maka kedua makanan tradisional ini jelas berbeda sekali. Yang paling kelihatan tentu saja ikan asing yang ikut dimasak bersama dengan nasi liwetnya. Kalau resep nasi liwet solo tidak menggunakan ikan asin ini.
Jadi sudah jelas bukan perbedaanya. Jadi kalau suatu saat teman teman mencoba nasi liwet ini di rumah makan atau pinggir jalan sudah tahu bukan resep nasi liwet versi sunda atau solo yang dipakai. Kalau lagi ada waktu, tidak ada salahnya bukan kalau kita coba membuat resep masakan asli Indonesia ini. Toh cara membuat nasi liwet sunda ataupun betawi ini juga tidak terlalu sulit. Bahkan bisa menggunakan rice cooker atau magic com saat bikin nasi liwetnya. Mudah sekali bukan.

Resep Nasi Liwet Sunda

Buat yang ingin menikmati kelezatan nasi liwet tapi malas masak lauk dan sayur pelengkapnya, versi sunda ini lebih pas. Perbedaan dengan yang versi solo, resep nasi liwet sunda ini lauknya berupa teri goreng atau ikan asin peda nya ikut dimasak bersama dengan nasinya. Jadi di nasinya sendiri lebih terasa perpaduan bumbunya. Pas sekali kalau dinikmati bersama dengan resep semur jengkol atau resep semur ayam yang sudah pernah kita berikan sebelumnya.
nasi liwet sunda gurihnasi liwet sunda spesial

Bahan :

  • Beras pulen kualitas bagus yang sudah dicuci bersih kurang lebih sebanyak 0.3 kg.
  • Ikan peda, ikan jambal roti atau ikan teri yang sudah digoreng 100 gram atau 2 sampai 3 ikan sesuai selera.
  • Daun kemangi kalau suka sesuai kebutuhan.
  • Air dan minyak secukupnya untuk menumis bumbunya.

Bumbu Nasi Liwet Sunda

  • Bawang merah yang sudah dirajang kecil kecil kurang lebih sebanyak 12 siung.
  • Bawang putih yang sudha dirajang kecil kecil kurang lebih sebanyak 5 siung.
  • Daun salam kurang lebih sebanyak 5 pcs.
  • Buah cabai rawit yang sudah dipotong serong secukupnya atau kurang lebih sebanyak 8 sampai 11 pcs.
  • Serai yang sudah digeprak kurang lebih sebanyak 2 pcs.

Cara Membuatnya :

  1. Pertama sipakan wajan dan minyak lalu masukkan bumbu nasi liwet diatas dan aduk sampai wangi kemudian tiriskan.
  2. Masukkan beras yang sudah dicuci bersih tadi kedalam panci atau rice cooker.
  3. Tuang air bersih secukupnya sesuai takaran dan bumbu tumisan liwet lalu masak dan biarkan sampai matang.
  4. Setelah matang buka tutupnya dan masukkan ikan peda, teri atau jambal rotinya dan duan kemangi kalau suka.
  5. Aduk aduk bersama dengan nasi tadi sampai tercampur rata kemudian masak lagi sampai matang dan benar benar tanak.
  6. Siap disajikan sepiring nasi liwet sunda bersama dengan sambal, tempe goreng atau ayam goreng, lalapan segar dan tahu goreng sesuai selera.

Resep Cara Membuat Nasi Liwet Magic Com

nasi liwet magic com sederhananasi liwet magic com praktis
Salah satu alasan kita atau teman teman malas masak resep masakan nasi ini pasti karena ribet atau enggak punya panci tebal buat membuat nasi liwet bukan. Nah saat ini itu bukan alasan lagi lho karena kita bisa membuat nya juga menggunakan magic com atau rice cooker. Bahan dan bumbu nasi liwet nya, baik itu versi solo ataupun sunda sama kok. Untuk yang versi sunda, ikan asin atau teri nya dimasukkan saat nasinya sudah matnag baru nanti dimasak lagi atau ditekan tombol masak lagi supaya lebih tanak.

Resep Nasi Liwet Solo Spesial

Cara membuat nasi liwet solo sebenarnya sangat mudah sekali lho. Bahkan bisa dibilang tidak berbeda dengan memasak nasi biasanya. Lebih mudah dan praktis daripada resep nasi liwet sunda, nasi bakar ataupun nasi uduk. Cuma kalau memang ingin enak, nasi ini harus dilengkapi juga dengan sayur labu siam, ayam ingkung atau opor dan telur pindang khas Solonya. Oh ya kalau mau ditanak, panci untuk memasaknya diusahakan yang tebal ya bahannya.

Bahan Nasi Liwet Solo

  • Bahan utama tentu saja beras kualitas bagus yang sudha dicuci bersih kurang lebih sebanyak 1/4 kg.
  • Batang serai yang sudah digeprak supaya lebih keluar aromanya 1 pcs saja.
  • Daun salam kurang lebih sebanyak 2 pcs saja.
  • Santan dari perasan 1/2 buah kelapa ukuran sedang sebanyak 600 ml.
  • Garam dapur beryodium secukupnya sesuai kebutuhan dan selera masing masing.

Cara membuat nasi liwet

  1. Setelah dicuci masukkan beras tadi kedalam panci bersama dengan santan, batang serai, daun salam dan garam beryodium sesuai selera.
  2. Masak dan aduk sebentar sampai santannya yang digunakan mendidih.
  3. Setelah mendidih tutup pancinya lalu kecilkan apinya.
  4. Rebus sambil sesekali diaduk dan panci ditutup sampai tanak dan nasinya matang dan pulen.
  5. Nasi liwet solo siap untuk disajikan bersama telur pindang, ayam ingkung dan sayur jepan atau labu siam.

Resep Nasi Liwet Solo Komplit

Salah satu daya tarik yang membuat banyak orang menyukai kelezatan nasi khas solo ini tentu saja masakan pelengkapnya, seperti rendang telur, sayur labu siam dan ayam ingkung opornya. Buat teman teman yang punya waktu lebih bisa memasaknya supaya lebih komplit dan lezat. Bahan sayuran dan lauknya resep nasi liwet solo komplit bisa dilihat di bawah ya.
resep nasi liwet solonasi liwet solo komplit

Resep Sayur Labu Siam Sayur Jepan

Tidak lengkap dan komplit rasanya kalau menikmati kelezatan nasi ini tanpa sayur jepan atau labu siam ini. Cara membuat pelengkap resep nasi liwet solo komplit ini cukup mudah kok.

Bahan bahan :

  • Labu sian ukuran sedang yang sudah dikupas dan dipotong kecil kecil panjang kurang lebih sebanyak 2 pcs.
  • Daun salam kurang lebih sebanyak 2 pcs.
  • Bawang putih yang sudah dirajang kecil kecil kurang lebih sebanyak 4 pcs.
  • Bwang merah yang sudah dirajang kecil kecil kurang lebih sebanyak 8 pcs.
  • Lengkuas yang sudah digeprek kurang lebih sepanjang 2 cm saja.
  • Buah cabai rawit yang utuh sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 8 sampai 12 pcs.
  • Buah cabai merah yang sudah dihaluskan kurang lebih sebanyak 4 pcs.
  • Gula merah kurang lebih sebanyak 0.5 sendok makan.
  • Santan dari perasan 1/2 buah kelapa ukuran sedang kurang lebih sebanyak 800 ml.
  • Kaldu bubuk supaya lebih gurih secukupnya atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil.
  • Ebi yang sudah direndam air hangat dan diuleg sampai halus kalau ada kurnag lebih 0.5 sdm saja.
  • Garam dapur dan minyak goreng secukupnya sesuai selera dan kebutuhan.

Cara Membuat Sayur Labu Siam

  1. Pertama siapkan wajan dan minyak kemudian masukkan irisan bawang merah, bawang putih, cabai yang dihaluskan dan aduk sampai wangi.
  2. Masukkan ebi yuang sudah dihaluskan kalau pakai kemudian aduk aduk kembali.
  3. Masukkan santan bersama dengan gula mera, daun salam, lengkuas dan bahan lainnya kemudian aduk aduk sampai mendidih santannya.
  4. Setelah santannya mendidih masukkan irsan labu dan aduk sebentar kemudian masak sampai semua bahannya matang.

Resep Suwiran Ayam Kampung Ingkung

Yang paling spesial di resep nasi liwet komplit khas solo memang ayam ingkungnya. Ayam ini memang biasanya hanya disajikan saat tertentu atau sebagai pelengkap hidangan lainnya. Untuk bahan dan cara membuatnya bisa dilihat di resep opor ayam kampung.

Resep Telur Pindang Sederhana

Telur Pindang ini memang tidak hanya disajikan bersama nasi khas solo ini. Resep gudeg jogja juga banyak menggunakan telur berwarna coklat gelap ini sebagai pelengkapnya. Cara membuat telur dengan bumbu pindang khas Jawa Tengah ini sangat mudah kok.

Bahan bahan :

  • Telur ayam ukuran sedang yang sudah dimasak dan direbus sampai matang dan dibuang kulitnya sebanyak 4 pcs.
  • Daun salam kurang lebih sebanyak 2 pcs.
  • Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.
  • Air bersih secukupnya atau kurang lebih sebanyak 1.5 liter.
  • Daun jati, kulit bawang merah atau bisa juga menggunakan teh celup kantong secukupnya.

Cara Membuatnya Telur Pindang:

  • Siapkan panci dengan air yang sudah dipersiapkan.
  • Masukkan telur, garam, daun salam, daun jati kemudian rebus semua bahan sampai telurnya berubah warna.

Resep Ara Putih Spesial Liwet

Tidak lengkap rasanya memang menikmati sepiring nasi liwet solo komplit tanpa ara putih ini. Bahan dan cara membuat pelengkap resep nasi liwet ini sangat mudah lho. Teman teman tinggal menyiapkan 1 telur ayam yang diambil putihnya saja, santan dan garam dapur sesuai selera. Pertama kocok putih telur ayam yang sudah disipakna kemudian campur dengan garam sesuai selera dan santan kentalnya lalu masak dan kukus sampai semua bahan tadi matang.
Memang walaupun kelihatannya mirip tetapi sebenarnya masing masing resep nasi liwet solo ataupun liwet sunda diatas mempunyai citarasa yang unik. Jadi tidak ada salahnya bukan kalau mencoba setiap resep cara membuat nasi liwet diatas. Apalagi bumbu nasi liwet tadi juga sederhana dan mudah dibuat. Untuk ide masakan tradisional lainnya, silahkan mencoba resep nasi goreng, resep nasi bakar, resep nasi kuning ataupun resep gudeg jogja yang sangat lezat.

0 komentar:

Posting Komentar

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda